Analisis Faktor Pendorong Penggunaan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule

Ismira Febrina, Ridwan Mustopa, Haryadi Mujianto

Abstract


ABSTRACT

This study aims to identify and interpret the factors that encourage audiences to access the Sing! Karaoke by Smule. This research method is qualitative with an interpretative approach. This research was carried out during January 2022 with data collection techniques through interview techniques, literature searches, and interpretation of the data. Interviews were conducted with nine users of the Smule application using several methods, including face-to-face (with health protocols), Video Call, and WhatsApp Chat. The results show that the number of people who access the Smule application cannot be separated from the needs that underlie the users to use it. This is in line with what was stated by Katz, Gurevitch and Haas regarding human needs related to the use of media, namely the existence of cognitive needs, affective needs, personal integrative needs, social integrative needs and the need for escape or tension release.

 

Keywords: Factor Analysis; Smule; Qualitative

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginterpretasikan faktor apa saja yang mendorong khalayak untuk mengakses aplikasi Sing! Karaoke by Smule. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Interpretatif. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Januari 2022 dengan teknik pengumpul data melalui teknik wawancara, penelusuran pustaka, serta interpretasi terhadap data. Wawancara dilakukan terhadap sembilan pengguna aplikasi Smule dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya tatap muka (dengan protokol kesehatan), Video Call, dan Chat WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya orang yang mengakses aplikasi Smule tidak lepas dari kebutuhan-kebutuhan yang mendasari para pengguna untuk menggunakannya. Hal ini selaras dengan hal-hal yang dikemukakan oleh Katz, Gurevitch dan Haas mengenai kebutuhan manusia berkaitan dengan penggunaan media, yakni adanya kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrative personal, kebutuhan integrative social dan kebutuhan pelarian atau pelepasan ketegangan.

 

Kata-kata Kunci: Analisis Faktor, Smule, Kualitatif


Full Text:

PDF

References


Ananda, Muhamad Rezky. 2021. Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Program Studi Ilmu Komunikasi P-ISSN: 2461-0836; E-ISSN: 2580-538X

Annisa, F. (2017). Pengaruh Motif Penggunaan Media Line Today Terhadap Kepuasan Pengguna Mahasiswa. Jom Fisip, 4 No.2(Oktober), 1–15.

Dwilestari, G., & Fithrah, D. S. A. (2018). Motif Penggunaan Aplikasi Bigo Live Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom. Motif Of Using Bigo Live Application Among Students Of Communication Sciences Major In Telkom University Broadcaster Bigo Live disebut juga Bigo Host , Bi. 3(1), 67–80. http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/12901/pdf

Dyane drestya. (2014). Motif Menggunaan Social Path Pada Mahasiswa Di Surabaya. 3(2), 171–181.

Eureka Intan Innova. (2016). Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1–11.

Fanaqi, Chotijah. 2021. Tiktok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi. Jurnal Dakwah, Vol. 22, No. 1 Tahun 2021

Harahap, Abdul Rahman. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pemenuhan Informasi Bagi Rumah Tangga Usaha Pertanian Di Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan vol. 17 No. 2 Desember 2016

Https://www.antarapost.com/aplikasi-karaoke-terbaik-2021-sebagai-sarana-hiburan-saat-bosan/

Permana, Rangga Saptya Mohammad.; Mahameruaji, Jimi Narotama. 2019. Strategi Pemanfaatan Media Baru Net TV. Utulization of New Media Strategy of Net TV. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol 23 No. 1, Hal: 21-36

Liani, D. N., Rina, N., Sos, S., & Si, M. (2020). Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter @EXOind). Jurnal Humaniora, 20(1 Maret 2020), 63–71. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala

Moleong, Lexy J (2004). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mujianto, H., Nurhadi, Z. F., & Kharismawati, K. (2021). Instagram Sebagai Media Pembentuk Personal Branding. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(2), 154–169. https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.3138

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, R. K., & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK) Vol., Vol. 2 No.(2), 60–67.

Pratiwi, E. D. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Instagram dengan The Theory of Reasoned Action Menggunakan AMOS 21. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 68–77. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/364/273

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Setyani, Novia Ika. 2013. Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Twitter, Facebook dan Blog Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Berbagi Surakarta). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Surotnoaji, Catur. 2019. Literasi Media Baru. Banyumas. Susanti Institute.

Watie, Errika Dwi Setya. 2012. Periklanan Dalam Media Baru (Advertising In The New Media). The Messenger, Volume IV, Nomor 1, Edisi Januari 2012

Willianti, C., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Followers @pluffyschoice). Prologia, 3(1), 47. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6205


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â