Analisis Komunikasi Pemasaran Berbasis Online di Masa Pandemi pada Perusahaan Penerbit Buku RGP

Gita Garliani, Yandi Hermawandi, Haryadi Mujianto

Abstract


ABSTRACT
Along with the sophistication of technology and the behavior of people who prefer to move at home using the internet during a pandemic, product marketing can now be integrated with onlinebased marketing. Online-based marketing strategies are important, especially when the COVID19 pandemic hits Indonesia, where people prefer to do activities at home using the internet. The background of this research is the existence of community activities in cyberspace (internet) during the pandemic which makes companies need to optimize their online-based marketing communications. One of the business fields that are required to follow the online-based marketing style during this pandemic is the book publishing company PT Raja Grafindo Persada (RGP). This study will analyze online-based marketing communications during the pandemic at the book publishing company PT RGP. The research method used is a qualitative method that will describe the marketing of book products during a pandemic which can be seen from PT RGP's onlinebased marketing communications. The data collection method in this study will use the method of observation, documentation, and literature study to produce data validity. The activity that was chosen purposively was the online marketing communication activity of the publisher PT RGP during the pandemic. The results showed that the publisher of PT. RGP, especially during this pandemic, carried out online-based marketing communications optimally. They perform 5 stages of optimally integrated marketing communications.

Keywords: book publisher, IMC, marketing communication

ABSTRAK
Seiring kecanggihan teknologi dan perilaku masyarakat yang lebih senang beraktivitas di rumah menggunakan internet pada masa pandemi, pemasaran produk saat ini dapat diintegrasikan dengan pemasaran berbasis online. Strategi pemasaran berbasis online menjadi penting terutama ketika pandemi covid 19 melanda indonesia, dimana masyarakat lebih senang beraktivitas di rumah menggunakan internet. Latar belakang penelitian ini yakni adanya aktivitas masyarakat di dunia maya (internet) pada masa pandemi yang membuat perusahaan perlu melakukan optimalisasi komunikasi pemasarannya berbasis online. Salah satu bidang usaha yang dituntut mengikuti gaya pemasaran berbasis online di masa pandemi ini adalah perusahaan penerbit buku PT Raja Grafindo Persada (RGP). Penelitian ini akan menganalisa komunikasi pemasaran berbasis online di masa pandemi pada perusahaan penerbit buku PT RGP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang akan mendeskripsikan pemasaran produk buku di masa pandemi yang dapat dilihat dari komunikasi pemasaran berbasis online PT RGP. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunkan metode observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan untuk menghasilkan validitas data. Aktivitas yang dipilih secara purposive adalah aktivitas komunikasi pemasaran berbasis online penerbit PT RGP di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerbit buku PT.RGP terutama pada masa pandemi ini, melakukan komunikasi pemasaran berbasis onlinenya secara optimal. Mereka melakukan 5 tahap komunikasi pemasaran terintegrasi secara optimal.

Kata-kata kunci: IMC, komunikasi pemasaran, penerbit buku


Full Text:

PDF

References


Asse, R.A.A. (2018). Strategi pemasaran online (Studi kasus Facebook marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi Kareba, 7(2), 219-231.

Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bisnis.com (2020). Dampak Pandemi Transaksi E-commerce Naik Jadi Rp 337 Triliunan. Retrieved from https://www.m.bisnis.com/amp/read/20201203/9/1325823/efek-pandemitransaksi-e-commerce-bakal-melesat-jadi-rp337-triliun-2021

Bostanshirin, S. (2014). Online marketing: Challenges and opportunities. International Conference of Social Sciences and Humanities.

Cooper, & Schindler. (2014). Bussiners research method. NewYork: McGrawHill.

Cutlip, Scott.M, et all. (2000). Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall.

Duncan,T. & Murray, J. (2005). Principle of Advertising and IMC. International Edition, NewYork: Mc GrawHill.

Kotler, P. & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., Keller, K. L. (2012). Marketing management. New York: Prentice Hall.

Kotler, P., Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th edition. In Pearson Education Limited. England: Pearson.

Mardiyanto, D., Giarti. (2019). Analisis strategi komunikasi pemasaran (Studi kasus strategi komunikasi pemasaran merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Edunomika, 3(1), 60-66.

Mulyana, D. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Oetomo, B.S.D., Santoso, S. (2015). Pengaruh web dalam komunikasi pemasaran untuk

meningkatkan perhatian dan ketertarikan konsimen online. Jurnal Eksis, 8(2), 94-106.

Rangkuti, F., (2002). The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ri’aeni, I. (2017). Strategi komunikasi pemasaran digital pada produk kuliner tradisional. Lugas: Jurnal Komunikasi, 1(2), 141-149.

Sarastuti, D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 6(1), 71-90.

Sari, Y. Utami, N.W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Tantangan Teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 1- 14.

Sholikhah, L.M., Miftakhul, A. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran berbasis media sosial lini bisnis Ternakmart pada startup Ternaknesia di masa pandemi Covid-19. Jurnal Commercium, 4(20), 132-145.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susanti, S., Purnomo, D., Gunawan, W., & Sari, D. (2018). Komunikasi pemasaran produk komoditas lokal berbasis komunitas melalui penggunaan media (Studi Kasus FruitsUp, UMKM di Jatinangor). Sosiohumaniora: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, 20(3), 277-281.

Warta Ekonomi (2021). Riset: Rata-rata Transaksi E-commerce naik selama Pandemi. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/berita345088/riset-rata-rata-transaksi-e-commercenaik-selama-pandemi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â