PENGARUH PROMOSI AKUN INSTAGRAM @BADJOELAMA.CO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG PRELOVED PADA FOLLOWERS AKTIF

Dhina Khoerunisa, Nur'aeni Nur'aeni, Adhie Surachman

Abstract


This study aims to determine the effect of the promotion of the @badjoelama.co Instagram account on purchasing decisions on active followers. This study uses a quantitative method with an associative approach. respondents in this study are active followers of @badjoelama.co. The source of the data used is from questionnaire data with active followers @badjoelama.co which is then processed using SPSS version 25. In this study, the significance correlations value is 0.000, so it can be said that there is a relationship between promotions and purchasing decisions, while the Pearson correlation value is 0.490. the level of promotion relationship with purchasing decisions is moderately correlated. The results of significant research taken from the ANOVA table, the significant value of the promotion variable (X) on the purchasing decision variable (Y) is 0.00 <0.05 and f-count 30.909 > f-table 3.09. This proves that Ho is rejected, Ha is accepted, meaning that there is a significant effect of promotion on purchasing decisions

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi akun instagram @badjoelama.co terhadap keputusan pembelian pada followers aktif . Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. responden dalam penelitian ini adalah followers aktif @badjoelama.co. Adapun sumber data yang digunakan adalah dari data kuesioner dengan followers aktif @badjoelama.co yang kemudian di olah menggunakan SPSS versi 25. Dalam penelitian ini nilai correlations signifikan sebesar 0,000 maka dapat dikatakan adanya hubungan antara promosi terhadap keputusan pembelian sedangkan nilai pearson correlation sebesar 0,490 maka tingkat hubungan promosi dengan keputusan pembelian berkorelasi sedang. Hasil dari penelitian signifikan yang di ambil dari tabel anova, nilai signifikan variabel (X) promosi terhadap variabel (Y) keputusan pembelian sebesar 0,00 < 0,05 dan f-hitung 30,909 > nilai f-tabel 3,09. Hal tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak, Ha diterima artinya terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian secara signifikan.



Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Pearson Education - Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (S. Yagan (ed.); 14th ed.). Prentice Hall. https://doi.org/10.1017/cbo9781139174749.022

Boone, L., & Kurtz, D. (2001). Pengantar Bisnis (W. Kristiaji (ed.); 2nd ed.). Erlangga.

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Jakarta: Prenada Media Group (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP.

Nugroho J., S. (2019). PERILAKU KONSUMEN : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (3rd ed.). PRENADAMEDIA GROUP.

Sudaryono. (2019). METODELOGI PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2nd ed.). Rajawali Pers.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14th Edition, Pearson Education.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (6th ed.). Salemba Humanika - Copyright SAGE Publications.

Winarno, M. E. (2013). Buku Metodologi Penelitian Bisnis (2ns ed.). UM Press. http://www.bukukita.com/Non-Fiksi-Lainnya/Non-Fiksi-Umum/95766-METODOLOGI-PENELITIAN-BISNIS.html

Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Arifuddin, M. R., & Irwansyah. (2019). Dari foto dan video ke toko: Perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 37–55. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1256/908

Azizah, R. (2016). Tren Preloved Online Shop - Ketika Barang Bekas Naik Kelas. Femina.Co.Id. https://www.femina.co.id/trending-topic/tren-jual-beli-preloved-stuff-ketika-barang-bekas-naik-kelas

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar the Influence of Product Promotion Through Social Media Instagram Towards Purchasing Decision in Saka Bistro & Bar. Universitas Telkom, 4(1), 175–179.

Evariyanti, F. P., Estiyanti, N. M., & Lavianto, S. (2019). Analisis Strategi E-Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Travel Agent Online mybaliwisata.com. Journal of Applied Informatics and Computing, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.30871/jaic.v3i1.1154


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â