STRATEGI PUBLIC RELATIONS ASTRIDO TOYOTA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MOBIL TOYOTA CALYA SEBAGAI MOBIL LOW COST GREEN CAR

Ido Afriadi

Abstract


Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana strategi Public Relations (PR) PT. Astrido Toyota Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dalam mempertahankan citranya sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tujuan penelitian ada dua yaitu menjelaskan peran PR di dalam manajemen PT. Astrido Toyota Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat dan menganalisa strategi PR PT. Astrido Toyota Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat untuk mempertahankan citra Toyota Calya sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Permasalahan tersebut dianalisa dengan menggunakan teori excellence dengan model two way asymmetric oleh James.E Grunig & Todd Hunt, dan diperkuat oleh teori citra Frank Jefkins. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan tipe kasus tunggal holistik dengan pendekatan kualitatif intrinsik, dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR PT. Astrido Toyota Jaya Mobilindo cabang Jakarta Barat menjalankan enam strategi PR yaitu publikasi menggunakan twiter Astrido Toyota, acara otobursa expo, memberitahukan atau meraih citra membuka khusus website Astrido Toyota, tanggung jawab sosial melakukan kegiatan donor darah, kepedulian kepada komunitas berupa penghargaan proper hijau, menciptakan berita mengunakan majalah otomotif dengan tema dambaan keluarga muda Indonesia. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi acara sebagai media paling efektif untuk mengkomunikasikan dan mempertahankan citra produk mobil Toyota Calya kepada masyarakat. Strategi yang dilancarkan juga memperbaiki konsistensi citra mobil Toyota Calya sebagai mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, PT. Astrido Jaya Mobilindo, Mempertahankan Citra Mobil Toyota Calya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â