Makna Keindakan dalam Iklan Digital Pariwisata Bahari Pantai Sawarna Banten di Youtube (Analisis Semiotika Charles S. Prierce)

Dudi Hartono

Abstract


Pariwisata menjadi potensi sebagai pemasukan daerah, sehingga berbagai daerah berlomba untuk memasarkan pontensi pariwisata di dareah masing-masing. Promosi wisata menggunakan video banyak menjadi pilihan karena mudah untuk menempatkannya di kanal youtube. Persoalan yang muncul adalah bagaimana kemudian video itu mencapai target audience yang diharapkan.

 

Melihat data-data tersebut adalah menjadi penting bagaimana memanfaatkan iklan digital di kanal youtube sebagai media promosi pariwisata bahari, dalam hal ini pantai Sawarna. Iklan digital, audio-visual, memiliki keunggulan pada sisi visual karena khalayak bisa melihat langsung keindahan pantai yang ada. Selain itu kanal youtube memungkinkan jangkauannya yang mendunia.

Iklan audio-visual youtube memiliki unsur-unsur seperti shot, warna, backsound dan grafis, sebagai tanda-tanda semiotic yang semuanya berkja membentuk kesatuan makna.  Melalui analisis semiotika penulis ingin melihat bagaimana tanda-tanda digunakan oleh produsen iklan dalam membentuk makna yang diharapkan? Dan  bagaiman produsen iklan tersebut menggunakan tanda-tanda tertentu untuk membentuk makna yang diinginkan?


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â