STRATEGI GERILYA SUNYI SEBAGAI POLITICAL MARKETING: STUDI KASUS PARTAI GARUDA

Putri Salma Suhardi, Diah Fatma Sjoraida, Evi Novianti

Abstract


Gerilya sunyi digunakan sebagai strategi pemasaran politik oleh Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) sejak dideklarasikannya partai ini. Gerilya sunyi merupakan gerakan yang senyap dengan tidak mengutamakan pentingnya penggunaan media cetak, spanduk, poster, dan media elektronik dalam melakukan pemasaran kepada masyarakat. Gerilya sunyi dilakukan oleh kader partai dengan mengunjungi orang yang dikenal, pendekatan ke komunitas-komunitas anak muda, serta himpunan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana strategi pemasaran politik melalui gerilya sunyi yang dilakukan Partai Garuda sebagai partai politik baru di Indonesia, alasan mengapa strategi ini dilakukan, dan hambatan dalam menjalankan strategi ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik Partai Garuda melalui gerilya sunyi dipilih agar dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa berpolitik harus apa adanya, tidak jemawa, dapat dilakukan dengan finansial yang terbatas, dan tanpa adanya tokoh tertentu. Pengurus partai melakukan gerilya sunyi dengan langsung mengunjungi masyarakat dan komunitas dengan pendekatan secara tatap muka dan membangun hubungan jangka panjang. Terbatasnya finansial, sumber daya yang dimiliki, pandangan buruk masyarakat mengenai politik, politik uang, dan menurunnya motivasi anggota partai menjadi hambatan dalam pemasaran politik. Perlu dilakukan riset perbandingan strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh partai politik lain, tidak mengabaikan popularitas partai, dan tidak mengesampingkan penggunaan media-media yang ada sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.


Kata Kunci: Partai Garuda; pemasaran politik; gerilya sunyi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â