STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BAND HANYYATERA DALAM MENJANGKAU PUBLIK (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Band HAYYATERA Jatiwangi Art Factory (JAF) Majalengka dalam Menjangkau Publik)

Firman Yudhanegara

Abstract


Abstract
HANYATERRA is an indie band from Jatiwangi District, Majalengka Regency which was formed in 2010. The uniqueness that HANYATERRA has is as a band whose musical instruments are made of clay. Although classified as an indie band, HANYATERRA was able to get a lot of appreciation from the public for the achievements. The purpose of this study was to find out how the communication strategy carried out by the band HANYATERRA in getting the audience. The research method uses descriptive qualitative, where researchers only describe objects based on facts, and in the technique of collecting data using interviews, observation and documentation. Data analysis techniques use SWOT analysis. The results of the research of HANYATERRA use the marketing communication strategy of Sponsorship, Word of Mouth and Public Relations.
Keywords: Indie label, SWOT Analysis, and Marketing Communication Strategy
Abstrak
HANYATERRA merupakan band indie asal Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka yang dibentuk pada tahun 2010. Keunikan yang dimiliki HANYATERRA yaitu sebagai band yang alat musik nya terbuat dari tanah liat. Meski tergolong pada band indie akan tetapi HANYATERRA mampu mendapatkan banyak apresiasi dari publik atas pencapaian yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh band HANYATERRA dalam mendapatkan audience. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dimana peneliti hanya mendeskripsikan objek berdasarkan fakta, dan dalam tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian HANYATERRA menggunakan strategi komunikasi pemasaran Sponsorship, Word Of Mouth dan Public Relation.
Kata Kunci: Indie label, Analisis SWOT, dan Strategi Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â