Pengaruh Lagu Wayang Sukuraga terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Intan Agustian, Dyah Lyesmaya, Irna Khaleda

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya keterampilan menulis karangan argumentasi siswa yang dipengaruhi oleh media yang digunakan pembelajaran kurang maksimal. Pendidik hanya menggunakan media buku pembelajaran tanpa ada penggunaan media yang dapat memotivasi dan menarik. Salah satu media yang dapat mempengaruhi meningkatnya keterampilan menulis karangan argumentasi adalah melalui media lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu wayang sukuraga terhadap hasil belajar menulis karangan argumentasi di kelas tinggi sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan dua kelompok kelas, yaitu eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Baros Kencana CBM. Sampel penelitian dipilih berdasarkan sampel jenuh dengan jumah 40 siswa dari kedua kelas. Teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes. Hasil perolehan nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig. = 0,003 karena nilai sig. < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya adalah lagu wayang sukuraga berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa di V SDN Baros Kencana CBM tahun 2020/2021.


Keywords


lagu wayang sukuraga; keterampilan menulis karangan argumentasi

Full Text:

235-241

References


Anggraeni, S. W. (2016). Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 49–60.

Azhari, S. N., Cahyani, I., & Kirana, P. (2019). Application Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to Improve Reading Comprehension Skills of Class V Elementary School Student. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1), 150.

Dewi, R. dan Yuliana E. (2018). Strategi Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Berbasis Saitifik Pada Peserta Didik SDN Sungai Pinyuh. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 188-200.

Febriyanto, B. & Yanto, A. (2019). The Effectiveness of Photo Story in Multiliteracies Learning towards Narrative Writing Skills of Fifth Grade of Elemantary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 191-203. http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj. v6i2.4943

Juwita, P. & Nasution, A. (2019). Pengaruh Media Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa SDIT Ash-Sholihin. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(2), 1-7.

Kibtiyah, A. M. & Abbas, N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Sugesti-Imajinasi Dengan Media Lagu. Joyful Learning Journal, 3(1), 61–65.

Maulidiyah, F., & Yermiandhoko, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Model terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, (7) 2645–2654.

Rahman, A., Atmazaki. & Abdurahman. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 9-16.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis. Gorontalo: Ideas Publishing.

Triana, V. (2017). Keefektifan Media Lagu Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tembok Luwung 01 Adiwerna Kabupaten Tegal. Joyful Learning Journal, 2(2) 1-7.

Tristanto, & Sutikno, P. Y. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Kelas V. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38.

Wulan, N. S. (2014). Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 177-184.

Zakariya, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IV MI Kenongomulyo Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo: Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i2.3208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Intan Agustian

This Journal has been indexed by: