IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN RUTE HOTEL TERDEKATMENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA DI KAB. MAJALENGKA

Tantri Wahyuni, Fahmi Fahmi

Abstract


Informasi tentang hotel di Majalengka masih belm begitu lengkap. Informasi yang ada masih terpisah pada blog individu dan belum terintegrasi dalam suatu sistem informasi geografis. Informasi mengenai hotel di Majalengka juga jarang ditemukan di situs-situs boking hotel seperti Traveloka, Mister Aladin, Pegi-pegi dan lain sebagainya. Hal tersebut menyebabkan masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke Majalengka kesulitan dalam mencari informasi tentang hotel. Pada penelitian ini akan dikembangkan suatu Sistem Informasi Geografis yang dapat memberikan gambaran tentang hotel dan penginapan yang ada di Majalengka. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, web server Apache dan Google Maps API versi 3 sebagai fasilitas untuk menampilkan peta letak geografis hotel. Sistem ini dapat mengolah data hotel dan menghasilkan informasi mengenai hotel seperti profil singkat hotel, visualisasi peta letak geografis hotel serta rute menuju hotel yang ada di Majalengka.


Keywords


Sistem Informasi Geografis, Dijkstra, Hotel, Majalengka

Full Text:

PDF

References


Masykur, F. 2014. Implementasi Sistem Informasi Geografis Menggunakan Google Maps API dalam Pemetaan Asal Mahasiswa. SIMETRIS, V (2): 181-186.

Ardana, Dwi., & Saputra, R. 2016. Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Ilmu Komputer, Universitas Diponegoro, Semarang, 10 Oktober.

Sulindawaty & Syahputra, T. 2015. Pendistribusian Barang Farmasi Menggunakan Algoritma Dijkstra (Studi Kasus: PT. Air Mas Chemical). Mantik Penusa, XVII (1): 86-91.

Emmita Devi Hari Putri, S.M. 2016. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Yogyakarta: Deepublish.

Rusdyanto, F., Suprayogi, A. & Hani’ah. 2014. Aplikasi WebGIS Hotel di Kota Surakarta Memanfaatkan Google Maps API. Jurnal Geodesi Undip, III (1): 115-129.

Taufik, M., Darwiyanto, Eko., & Yulia, Sinta. 2015. Analisis dan Implementasi Perancangan Metode Rational Unified Process pada Layanan SDB dan Metode Pengujian Product Metric pada Bank Mandiri Cabang Palu

Sam Ratulangi. E-Proceeding of Engineering. II (3): 7693-7704.

Majalengka, B.P. 2017. Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Jawa Barat. (https://majalengkakab.bps.go.id/index.php, diakses 16 Februari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v4i1.821

Refbacks



Copyright (c) 2018 Fahmi Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.