APLIKASI GAME EDUKATIF TEBAK NAMA PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA (GNPI) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Tri Ferga Prasetyo, Hafidz Sanjaya, Dendi Santana

Abstract


Permainan (Game) pada handphone saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan, khususnya pada sistem operasi android. Sebagian besar orang termasuk pelajar banyak menghabiskan waktu dengan handphone sekitar 5-6 jam di depan handphone hanya untuk aplikasi dan membuka alamat website (Digital GFK Asia, 2016). Waktu penggunaan handphone yang setiap harinya memakan cukup banyak waktu tentu memberikan dampak yang cukup besar pada pelajar. Disamping dampak positif yang memberikan keuntungan, adapula dampak negatif yang merugikan bagi pelajar, termasuk salah satunya yang mempengaruhi sikap dan perilaku seorang pelajar. Untuk mengatasi salah satu dampak negatif tersebut, handphone dapat digunakan sebagai media hiburan yang bersifat edukatif seperti aplikasi permainan (Game) sejarah untuk mengatasi kejenuhan pelajar di waktu senggang. Dibuatnya aplikasi permainan ini sehigga dapat memberikan waktu pada pelajar untuk bermain sambil belajar.

Keywords


Permainan;Android;Game Edukasi;Tebak Gambar

Full Text:

PDF

References


Fadli, A., & Findawati, Y. (T.Thn.). Game Edukasi Tebak Gambar Rumah Adat.

Masitoh, S., Prasetyo, T.F., Sujadi, H. (2016). Perancangan Visualisasi Pemanfaatan Metode Pengendalian Meteorologi Dan Geofisika Sebagai Media Pembelajaran Materi Geografi.

Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (Lcg) Berbasis Android.

Setianingsih, S. E. (T.Thn.). Game Tebak Gambar Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Menggunakan Macromedia Flash 8.

Prasetyo, T.F, Bastian, A. (2017). Visualisasi Edukatif Penyiaran Televisi Satelit Dan Televisi Antena Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

Widodo, P. P. (2011). Menggunakan Uml. Bandung: Informatika.

Yulianti. (T.Thn.). Game Edukasi Tebak Gambar Lingkungan Kerja Microsoft Visual Basic 6.0 Dengan Adobe Flash CS6




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v3i2.695

Refbacks



Copyright (c) 2017 Tri Ferga Prasetyo, Hafid Sanjaya, Dendi Santana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.