Penggunaan Media Garis Bilangan dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar

Dede Salim Nahdi, Nur Aulia Alfiani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Penulis mencoba menggunakan media pembelajaran garis bilangan yang dipandang tepat dalam memudahkan siswa memahami konsep bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III melalui Media Garis Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III, sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Garis Bilangan dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa serta persentase ketuntasan siswa dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus 2. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan Media Garis Bilangan dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon III.

Keywords


garis bilangan; media pembelajaran; pemahaman matematis

Full Text:

PDF

References


Alawiah, N., & Ichsan, M. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media garis bilangan. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Bakar, M. T., La Nani, K., Harisman, Y., & Amam, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan Melalui Model Discovery Learning. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 272-280.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Fitriani, K., & Maulana, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52.

Gooding, S. (2009). Childrenâ€s difficulties with mathematical word problems. University of Cambridge, UK. Joobert M (Ed). Proceeding of The British Society for Research into Learning Mathematics, 29(3).

Handayani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 142-149.

Henn, H. W. (2007). Modelling in school-chances and obstacles. The Monhana Mathematics Enthusiast, Monograph 3, 125-138.

Jarmita, N. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(1).

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228-243.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kurino, Y. D. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 86-92.

Kurnia, R., & Nurhayati, Y. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga “Dulok Kumisan†Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1).

Kusmayanti, A. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(2), 52-57.

Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service teacher’s ability in solving mathematics problem viewed from numeracy literacy skills. Elementary Education Online, 19(4), 1902–1910. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.762541

Purnamasari, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta kemandirian belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 178-185.

Saleh A. (2010). Ensiklopedia matematika. Multazam Mulia Utama, Bandung.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi, F. (2012). Recognition of students’ difficulties in solving mathematical word problems from the viewpoint of teachers. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(3), 2923-2928.

Sholikhah, O. H. (2020). Powerpoint Interaktif Terintegrasi Problem Based Learning Sebagai Upaya Efektif Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2).

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Suryani, A., Maulana, M., & Julia, J. (2016). Pengaruh pendekatan course review horay (CRH) terhadap pemahaman matematis dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 81-90.

Sutisna, A. P., Maulana, M., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik dengan RME. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31-40.

Widyastuti, W., Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83-100.

Yavuz Mumcu, H. (2018). Examining Mathematics Department Students' Views on the Use of Mathematics in Daily Life. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 5(1), 61-80.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 63-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i3.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Didactical Mathematics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â