Perbandingan Pemahaman Matematika Siswa antara yang Menggunakan Adobe Flash CS3 dengan Software iMindMapâ„¢ pada Pokok Bahasan Limit Fungsi

Sudianto Sudianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman matematika siswa dengan menggunakan Adobe Flash CS3 pada pokok bahasan limit fungsi di kelas XI IPA SMAN 5 Kota Cirebon. (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman matematika siswa dengan menggunakan software iMindMap pada pokok bahasan limit fungsi di kelas XI IPA SMAN 5 Kota Cirebon. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman matematika siswa antara yang menggunakan Adobe Flash CS3 dengan software iMindMap.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Kota Cirebon yang terdiri dari 4 kelas IPA yang berjumlah 134 siswa. Sedangkan sampelnya diambil dua kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan Adobe Flash CS3 dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas  eksperimen 2 yang menggunakan software iMindMap dalam kegiatan pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Setelah data diperoleh dari hasil post-test kemudian di analisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample T-test diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2.277 > 1.998 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman matematika siswa antara yang menggunakan Adobe Flash CS3 dengan software iMindMap pada pokok bahasan limit fungsi

Full Text:

PDF

References


Alan, U.F., & Afriansyah, E.A. 2017. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learningâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1) : 71-78.

Buzan, Toni. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Heriyanto, Asep. 2012. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa antara yang Menggunakan Macromedia Flash 8 dengan Alat Peraga Benda Tiga Dimensi (Studi Eksperimen Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon : Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Indrawati & Hartati. 2017. “Peran Penguasaan Dasar Matematika Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus Iâ€. Jurnal Formatif 7(2): 107-114.

Indri Hardini, T. 2009. “Meningkatkan Profesionalisme Guru-guru Bahasa Perancis dalam Pengajaran Berbicara melalui Implementasi Model Lesson Studyâ€. Laporan Hasil penelitian

Irmayanti & Dassa, A. 2016. “Thinking Process Of Students In Understanding Integers By Giving Scaffolding To Class VI At Sd Inpres Perumnas Antang Iâ€. Jurnal Daya Matematis, 4 (3) : 306-312.

Jamilun & Suhar. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kontukowunaâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 4(2) : 99-112.

Muhsin & Razi, R. 2018. “Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematisâ€. Jurnal Peluang, 6(2) 15-22

Ni’mah, S.,I. 2011. “Pengaruh Pembelajaran dengan Bantuan Program Adobe Flash CS3 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Himpunan (Study Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjong)â€. Laporan penelitian

Raswati. 2010. Pengaruh Penerapan Multimedia Macromedia Flash terhadap Perkembangan Persepsi Visual Siswa dalam Pemebelajaran Matematika. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T., 2010. “Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 3(1): 7-10

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S., 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)â€. Journal of Mathematics Education Vol. 4(1) : 9 -16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sudianto Sudianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â