UTE (Ular Tangga Edukatif ) : Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Elis Yuningsih

Abstract


Saat ini kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Sebuah studi terbaru (Amanda dkk, CFEE Annual Digest 2018) menyatakan bahwa selama sekian tahun sejak masuk SD hingga lulus SMA sekolah hanya meningkatkan keterampilan menghitung atau aritmatika sederhana dari peserta didik sebanyak nol koma nol sekian persen. Rendahnya kemampuan matematika siswa tersebut karena kurangnya latihan pengerjaan soal yang beragam sehingga apa yang diterangkan oleh guru tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh siswa. Disamping itu, sifat anak anak yang pantang menyerah dan masih haus akan bermain membuat siswa kekurangan waktu belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menciptakan sebuah penunjang pembelajaran matematika berupa permainan Ular Tangga Edukasi (UTE) yang diharapkan dapat membantu para siswa melakukan melakukan kegiatan bermain dan belajar dengan soal-soal matematika yang ada pada desain permainan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Novitasari, Erma. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Berbentuk Permainan Ular Tangga Materi Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1), 37-45.

Rizali, Ahmad. 2016. Indonesia Darurat Matematika. Tersedia [Online]: https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/24/07200071/indonesiadarurat-matematika?page=all. (24 September 2018).

Suryadi, Didi (2005) Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa Sltp. eprint_fieldopt_thesis_type_phd thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Yumarlin. 2018. Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik. 3(1), 75-84.

Zulkardi. (2001). Realistic Matematics Education (RME). Teori. Contoh Pembelajaran dan Taman Belajar di Internet. Makalah: UPI Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elis Yuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â