Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles

Mohamad Gilar Jatisunda, Dede Salim Nahdi

Abstract


Abstrak—Studi ini mengungkapkan bagaimana pemahaman konseptual siswa tentang konsep triginometri. Meskipun guru telah menjelaskan prosedur operasi dalam konsep trigonometri, tetapi siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep trigonometri, sehingga prosedur yang ditempuh selanjutnya menjadi terhambat. Kemudian mengembangkan desain didaktis berdasarkan kesulitan siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian desain menggunakan kerangka didactical design research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui uji kemampuan siswa melalui tes tertulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan disebabkan karena hambatan belajar konsep trigonometri, Hasil implementasi dari desain didaktis awal ini secara umum sesuai dengan prediksi respon siswa yang telah dibuat sebelumnya. Selama proses pengimplementasian ada beberapa respon siswa yang tidak sesuai dengan prediksi sebelumnya, namun hal ini dapat diatasi dengan baik

Full Text:

PDF

References


Fischbein, Efraim.(1989). Tacit Models and Mathematical Reasoning. or the Learningof Mathematics. FLM Publishing Association, Montreal, Quebec, Canada.

Hülya, Gür. (2018). Trigonometry Learning. New Horizons in Education, Vol.57, No.1, May 2009. Hülya, Gür. (2018). Trigonometry Learning. New Horizons in Education, Vol.57, No.1, May 2009. Juan D. Godino. Mathematical Concepts, Their Meanings, And Understanding. In L. Puig y A. Gutierrez (Eds.), Proceedings of XX Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. (v.2, pp. 417-425). Universidad de Valencia. Kaur, Baljit.(2012).Understanding Teaching and Learning Classroom Research Revisited. Published by: Sense Publishers, P.O. Box 21858, 3001 AW Rotterdam, The Netherlands. http://www.sensepublishers.co m/ Keith Weber (2005) Students’ Understanding of Trigonometric Functions. Mathematics Education Research Journal 2005, Vol. 17, No. 3, 91–112 Özüdoğru, Melike. (2017). Mathematics Course Needs Assessment For Trigonometry Sub-Learning Area. Uluslararası Sosyal Araştırmalar Dergisi / The Journal of International Social Research Cilt: 10 Sayı: 54 Yıl: 2017 Volume: 10 Issue: 54 Year: 2017 www.sosyalarastirmalar.com Issn: 1307-9581 http://dx.doi.org/10.17719/jisr.2 0175434643 Sofiyah, Siti (2018: 23) International Journal of Management and Applied Science, ISSN: 2394-7926 Volume-4, Issue-5, May-2018 http://iraj.in Analysis of Students Error in Proving Trigonometric Identities

Sukmadewi, T., S.(2014: 130) Improving Students’ Mathematical Thinking And Disposition Through Probing And Pushing Questions. Jurnal Matematika Integratif ISSN 1412-6184 Volume 10 No 2, Oktober 2014 , pp 127-137 Suryadi, D. (2008). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Suryadi, D. (2010). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. In Bandung: Seminar Nasional Pembelajaran MIPA di UM Malang (Vol. 13). Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Tidak dipublikasikan Wu, Hung-Hsi. (1999). Basic Skills Versus Conceptual Understanding. American Educator/American Federation Of Teachers




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mohamad Gilar Jatisunda, Dede Salim Nahdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â