Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Auditori

Siska Adi Wiguna

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan perbedaan setiap siswa dalam proses penerimaan informasi pelajaran berdasarkan gaya belajar dari masing-masing siswa. Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah berdasarakan gaya belajar auditori. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian adalah rubrik gaya belajar berdasarkan teori Fleming kemudian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan dari instrumen soal pemecahan masalah matematis berdasarkan pemecahan masalah polya.Hasil penelitian yang didapatkan bahwa siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan proses berpikir konseptual dengan mampu memahami masalah, mampu merencanakan pemecahan masalah, mampu melaksanakan pemecahan masalah dan mampu memeriksa kembali jawaban dengan baik

Full Text:

PDF

References


Mendes, A. (2006). Learning styles and problem solving strategies. Paper presented at the Proceedings of 3rd E-Learning Conference–Computer Science Education (CD-ROM), [Online] Tersedia: http://elconf06.dei.uc.pt/pdfs/paper36.pdf

Khodijah, Nyayu, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J., (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

NCERT (2017) Chapter 8 : Thinking, [online] tersedia: ncert.nic.in/ncerts/l/kepy108.pdf

Rahardjo, Mudjia (2017) Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. [Online] Tersedi: http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf

Retna, Milda., Mubarokah, Lailatul., dan Suhartatik. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process In Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1 No. 2. September 2013.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto (2017) “Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, [Online] Tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwju7LmH6avhAhU54HMBHe5jA8AQFjABegQIBhAC&url=http%3A%2F%2Fjournal.staincurup.ac.id%2Findex.php%2FJBK%2Farticle%2Fdownload%2F331%2Fpdf&usg=AOvVaw1qSTWZ4vM97PSLIApiom5r.

Syah, Muhibbin, (2017) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widyastuti, Rani. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Langkah-Langkah Polya ditinjau Dari Adevrsity Quotient. Program Paska Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Zuhri, D. 1998. Proses Berpikir Siswa Kelas II SMPN 16 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perbandingan Berbalik Nilai.Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: pascasarjana Unesa




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siska Adi Wiguna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :

        

Â