Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Logika Dan Himpunan Melalui Kegiatan Lesson Study Berbasis Teman Sejawat

Ahmadi Ahmadi

Abstract


Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial. Metode tutor sebaya atau biasa juga di sebut dengan reciprocal  teaching adalah pendekatan konstruktif yang didasarkan pada prinsip-prinsip penurunan pertanyaan, mengajar dengan keterampilan metakognitif melalui pengajaran dan pemodelan guru/dosen untuk meningkatkan penampilan mahasiswa terhadap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatkan proses pembelajaran dalam memahami mata kuliah Logika dan Himpunan, untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatkan hasil pembelajaran memahami mata kuliah Logika dan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, dan tes. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya : (1) proses pembelajaran pada lesson study II sudah lebih baik setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada lesson study I. Pada lesson study II, suasana kelas dalam proses pembelajaran sangat kondusif karena perhatian mahasiswa sudah terfokus pada kegiatan pembelajaran, mahasiswa sudah memahami materi pelajaran dan mahasiswa sudah mampu menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya (Reciprocal teaching). mahasiswa lebih antusias dan lebih termotivasi dalam pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya (Reciprocal teaching) karena mahasiswa tidak hanya sekedar tahu materi yang dipelajarai tetapi juga lebih memahami dan mempertanggungjawabkan hasil belajarnya. Pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya juga mengajarkan akan pentingnya kerjasama dan saling berbagi baik itu memberi atau menerima demi tercapainya tujuan yang diinginkan, (2) adanya peningkatan hasil belajar antara Lesson Study I dan Lesson Study II. Peningkatan itu terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari lesson study I ke lesson study II sebesar 69,2 %. Pada lesson study I, nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa sebesar  84,6  pada lesson study II, hasil yang dicapai mahasiswa sebesar 15,4%

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Suharjono, & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basrowi, Muhammad dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia

Lie anita. 2008.Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya. Jakarta. Grasindo

Santyasa WI. 2009. Implementasi Lesson study Dalam Pembelajaran. Makalah dalam “Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa Penida, 24 Januari 2009, Nusa Penida.

Yusak, Muchlak. 2008. Lesson Study. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmadi Ahmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index By :