PENGEMBANGAN LEMBAR KINERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEKS BIOGRAFI BERBANTUAN APLIKASI S.ID

Yesi Maylani Kartiwi, Iis Siti Salamah Azzahra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan menghadirkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik sekaligus dapat menjadi media yang menguatkan nilai-nilai Pancasila. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis profil pelajar Pancasila melalui aplikasi S.ID. LKPD ini penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan akses mudah bagi peserta didik. Aplikasi S.ID memungkinkan pembuatan LKPD yang interaktif dengan beragam konten seperti teks, gambar, audio, video, serta aplikasi tersemat. Aplikasi S.ID merupakan platform gratis yang mudah dan lengkap untuk membuat microsite. Penggunaan aplikasi ini membuat LKPD lebih menarik dan dapat diakses dengan mudah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengembangan (Research and Depelopment) dan metode penelitiannya menggunakan penelitian pengembangan dengan desain 4-D.  Data dikumpulkan melalui studi literatur, desain LKPD berbasis Profil Pelajar Pancasila, dan uji coba produk. Validasi oleh ahli menunjukkan tingkat persetujuan sebesar 94,06%, sedangkan hasil uji coba produk mencapai 93%. Hasil penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan efisien, khususnya untuk peserta didik SMA dengan penguatan karakter Pancasila.


Full Text:

PDF (273-286)

References


Adi, S. Dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 652-663, oct. 2023. ISSN 2598-2877. Available at: . Date accessed: 21 jan. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.851.

Ali, A.M. (2018).Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia , R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22

Azzahra, I.S.S. (2024). Pemanfaatan Landingpage Creator S.ID untuk Pembelajaran di Sekolah. Pustaka, pp.35. Retrieved from https://www.salamahazzahra.com/pustaka/makalah-bahasa-indonesia/35/pemanfaatan-landingpage-creator-s-id-untuk-pembelajaran-di-sekolah/

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1. George Washington University.

Firman. (2021). Kampus Merdeka sebagai Upaya Penguatan Karakter Pelajar Pancasila. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-merdekasebagai-upaya-penguatan-karakter-pelajar-pancasila/

Haddar.G.A. Dkk. (2023). Strategi Dan Perencanaan Pembelajaran Di SD/MI. Padang: GetPress Indonesia.

Hamari, J., Koivisto, J., & Sarsa, H. (2014). Does Gamification Work? – A Literature Review of Empirical Studies on Gamification. Proceedings of the 47th Hawaii International Conference on System Sciences, 3025-303

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi nilai karakter diponegoro dalam pembelajaran untuk membentuk profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Kapp, K. M. (2012). The Gamification of Learning and Instruction: Game-based Methods and Strategies for Training and Education. Pfeiffer.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Marhaenentim, S. Dkk. (2023). Best Practice Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Unisri Press

Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi dimensi profil pelajar pancasila dalam mata pelajaran pendidikan agama islam menghadapi era 4 . 0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 01(01), 1–13

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

O'Brien, P. G. (2016). The Role of Workbooks in Early Childhood Education: A Systematic Review. Early Childhood Education Journal, 44(5), 421-433.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group

Pratiwi, N. L. P. A. D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Setyowati, L. (2017). Pengajaran Literasi Informasi Dengan Konsep Gamification Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 8(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art4

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan S, Dorothy S. Semmel & Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuningsih, S., Zuchron, D., & Purnawinarni, E. (2021). Tunas pancasila sebagai duta profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Direktorat Sekolah Dasar, Kemdikbud

Widya, R., & Salma Rozana, R. E. P. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PT. Son Pedia.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi profil pelajar pancasila dalam buku panduan guru PPKN di sekolah dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 71–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v8i2.5853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.