ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL TEMUKAN AKU DALAM ISTIKHARAHMU KARYA ADI RUSTANDI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI KELAS XII

Fanny Hanifa Muslimah, Any Budiarti, Adi Rustandi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh, psikologi pengarang, unsur penokohan, unsur ekstrinsik, sampai kepada relevasinya sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra pada novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya Adi Rustandi. Dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian deskriptif kualitatif, hasil dari data berupa kata-kata dan dideskripsikan secara teliti dan analisis. Sumber data pada penelitian ini ialah novel Temukan aku dalam Istikharahmu karya Adi Rustandi, wawancara dengan penulis, beberapa buku sumber, jurnal terkait, dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini berupa struktur kepribadian tokoh dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu dengan jumlah Id, Ego, dan Superego, unsur psikologi pengarang pada saat menulis karyanya, unsur penokohan berupa protagonis, antagonis, dan tritagonis, dan unsur ekstrinsik berupa latar belakang penulis, latar belakang masyarakat, sampai nilai-nilai kehidupan. Selanjutnya, hasil analisis disesuaikan dengan tuntunan Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel, dan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Modul Pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik kelas XII dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai materi Teks Novel.

Full Text:

PDF (688-697)

References


Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Angin, R. F. (2019). Kajian Psikologi Sastra Dalam Novel Egosentris Karya Syahid Muhammad. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hidayat, D. R. (2011). Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Minderop, A. (2011). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Kepribadian dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Peneltian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Jogjakarta: Deepublish.

Rustandi, A. (2014). Temukan aku dalam Istikharahmu. Jakarta Timur: Zettu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i2.4503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.