ANALISIS NILAI SOSIAL DAN KARAKTER PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR

Waliyyuni Waliyyuni, Irfan Efendi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial dan karakter. Subjek penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial dan karakter pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik baca dan catat pada dokumen. Teknik analisis data melalui 3 langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan simpulan (conclusion drawing/verification).  Hasil penelitian menunjukan terdapat delapan nilai-nilai sosial yaitu (1) pengabdian, (2) tolong-menolong, (3) kekeluargaan, (4) kesetiaan, (5) kepedulian, (6) empati, (7) keadilan, dan (8) kerja sama. Terdapat pula tiga belas temuan nilai-nilai karakter pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleran, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) ingin tahu, (10) berani mengambil resiko, (11) nasionalis, (12) cinta ilmu, dan (13) tanggung jawab. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar. Bahan ajar yang telah dibuat dapat digunakan oleh guru dan siswa dilingkungan sekolah.

Kata kunci: nilai sosial, nilai karakter, novel, dan bahan ajar


Full Text:

PDF (624-638)

References


Anwar, M. J dan Ashidiq, M. A. (2015). Membumikan Pendidikan Karakter: Implementasi Pendidikan Berbobot Nilai dan Moral. Jakarta: Cv. Suri Tatu`uw.

Efendi, I. (2021) Evaluasi Bebas Tujuan:Impementasi dalam Kepewaraan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol 8. Issue 2 Pages 75-84.

Hermawan, D., & Shandi, S. P. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20. https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/125.

Hirata, A. (2021). Guru Aini. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muttaqin, A. I., Faishol, R., & Cahayaningrum, D. F. F. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(6), 569-580. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/212

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurholis. (2019). Pengantar Sosiologi Sastra: Teori dan Kritik terhadap karya Sastra dilengkapi Contoh Analisis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setyowati, A. (2019). Pentingnya Kebudayaan sebagai Pondasi Karakter Bangsa. https://nasional.kompas.com/read/2019/12/24/06360051/pentingnya-kebudayaan-sebagai-pondasi-karakter-bangsa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M., Suherli dan Istiqomah. (2018) Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat dan Kurikulum Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i2.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.