HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SENJA, HUJAN DAN CERITA YANG TELAH USAI KARYA BOY CANDRA

Tandri Tandri, Eti Sunarsih, Fitri Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hierarki kebutuhan tokoh utama yang ada dalam novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra menggunakan teori psikologi humanistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologi secara tekstual. Hal yang dikaji dalam penelitian ini adalah hierarki kebutuhan tokoh utama dalam novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra. Hasil pada penelitian ini, tokoh utama yang terdapat dalam novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra yaitu tokoh utama yang memiliki sifat penyayang dan rela berjuang. Unsur psikologi dalam novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra yang telah peneliti analisis terdapat lima jenis, yakni; kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri. Hubungan analisis psikologi berupa hierarki kebutuhan tokoh utama dengan pembelajaran di sekolah maka hasil analisis dalam novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra dapat diterapkan berdasarkan kurikulum 2013 pada pembelajaran ditingkat SMA kelas XII semester ganjil dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca dan 4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis. Dengan demikian, novel Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai karya Boy Candra dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

 

Kata kunci: Novel, Hierarki Kebutuhan, Psikologi Humanistik.


Full Text:

PDF (368-377)

References


Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Candra, Boy. (2015). Senja, Hujan dan Cerita yang Telah Usai. Jakarta: Media Kita.

Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Kartikasari, Apri dan Edy Suprapto. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: CV. AE Media Grafika.

Latipah, Siti, Mari’i dan Murahim. (2018). Hierarki Kebutuhan Tokoh Aku dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Kajian Humanistik Abraham Maslow. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 01, No. 1, 69-76.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rostanawa, Gaby. (2019). Hierarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik). International Journal of Education, Language and Literature. Vol. 1, No. 2, 58-67.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (2016). Teori Kesusastraan (terjemahan bahasa Indonesia). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widayati, Sri. (2020). Kajian Prosa Fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Universitas Muhammadiyah Buton Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i1.4043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.