KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Lisa Ananda Wijaya, Akhyaruddin Akhyaruddin, Hilman Yusra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek ini guru dan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik simak, rekam, dan catat. Hasil penelitian ini menujukan bentuk dari kesantunan berbahasa guru dan siswa yang muncul pada pertuturan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi, yaitu maksim kearifan/kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian/penghargaan, maksim kerendahan hati/kesederhanaan, maksim pemufakatan/kesepakatan, dan maksim kesimpatian.

Kata kunci: kesantunan berbahasa, sekolah menengah pertama, pembelajaran bahasa Indonesia

 

This study aims to describe the politeness of teachers and students in learning Indonesian of seventh grade at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. This research approach is descriptive qualitative, the subject is a teacher and student of seventh grade at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. The data collection are through listening, recording, and flied note. The results of this study indicates the forms of politeness in the language of teachers and students that appear in the speech of teachers and students in seventh grade teaching and learning activities at SMP Negeri 7 Muaro Jambi, namely the maxim of wisdom, the maxim of generosity, the maxim of praise/appreciation, the maxim of humility/simplicity, the maxim of agreement, and the maxim of sympathy.

Keywords: The politeness of language, junior High School, Indonesian language learning


Full Text:

PDF (555-562)

References


Chaer, Agustina Leonie. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Eveline. (2010).Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kamisa.1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Leech, Geoffray. 2006. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nababan. 2008. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Gramedia

Tarigan. 2009. Pengajaran Pragmatik.Bandung: Angkasa.

Wijana dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yule, George. 2007. Pragmatik. Diterjemahkan oleh: Jumadi, Banjarmasin: PBS FKIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v6i2.3914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.