PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN FOKUS PADA KUALITAS PELAYANAN

Otong Karyono

Abstract


Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Majalengka merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah, yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Majalengka pada khususnya dan umumnya bagi masyarakat luar Majalengka. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Majalengka dalam penyelenggaraan pelayanan harus mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Namun permasalahannya saat ini, Pemerintah di dalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyakdijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas masih jauh dari yangdiharapkan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan adalah pasien rawat jalan pengguna askeskin yang dirawat inap minimal 2 hari yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Majalengka. Sumber data yang digunakan adalah data primer (kuesioner) dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor-faktor pelayanan yang terdiri dari aspek tampilan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati seluruhnya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta Askeskin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Rumah Sakit perlu kiranya untuk meningkatkan aspek-aspek pelayanan dalam meningkatkan kualitas layanan Rumah Sakit kepada pasiennya.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien


Keywords


Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v3i2.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.