ANALISIS RESIKO PROYEK PADA PEKERJAAN JEMBATAN SIDAMUKTI – KADU DI MAJALENGKA DENGAN METODE FMEA DAN DECISION TREE

Erni Sari

Abstract


Jembatan tidak hanya sebagai alat penghubung lalulintas antar daerah atau antar pulau Jembatan juga sebagai alat untuk melancarkan roda ekonomi antar daerah satu dengan daerah lain yang teerhambat oleh suatu rintangan.

Pembangunan suatu jembatan tidak lepas dari resiko yang bersifat tidak pasti.Untuk mendakati ketidak pastian tersebut dapat di antisipasi melalui manajemen resiko. Oleh karna itu, perlu adanya analisa terhadap resiko pada proyek jembatan di lihat dari dampak (severity ), kemungkinan terjadinya resiko (occurace), deteksi resiko (detektion )dan hasilnya yg berupa Risk Priority Number.

Untuk mengindentifikasi factor- factor resiko pembangunan jembatan Sidamukti- Kadu di Kabupaten Majalengka menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) bersifat kuantitatif dan Metode Descision Tree bersifat kualitatif.

Dalam metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan nilai resiko (NR) dan matriks resiko.Sedangkan metode Descision Tree(pohon keputusan) di gunakan untuk mendapatkan informasi untuk tujuan pengambilan sebuah keputusan.Dalam memilih alternatif keputusan digunakanlah dengan menghitung Expected Monetary Value (EMV).

Kata Kunci  : Jembatan Sidamukti –Kadu, analisa resiko, Metode FMEA, Metode Decision Tree, EMV


Keywords


Jembatan Sidamukti –Kadu; analisa resiko; Metode FMEA; Metode Decision Tree; EMV

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v2i02.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.