PERENCANAAN STRATEGIS DAN SISTEM ARSITEKTUR INFORMASI (STUDI KASUS DI PDAM KABUPATEN MAJALENGKA)

Harun Sujadi

Abstract


Bagi perusahaan memiliki strategi bisnis saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan dewasa ini yang semakin ketat. Strategi bisnis yang biasa dituangkan dalam dokumen atau cetak biru Business Plan harus pula dilengkapi dengan strategi teknologi informasi atau I/T Strategy. Persaingan yang semakin meningkat dan ketat dalam bidang penyediaan air bersih sudah barang tentu memerlukan suatu strategi yang jitu guna memenangkan persaingan tersebut. Dalam upaya mencapai tujuan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Majalengka yang dirumuskan dalam visi dan misi, memerlukan suatu strategi bisnis yang didukung dengan strategi SI/TI. Untuk memenangkan persaingan dalam kompetisi tersebut, PDAM Kabupaten Majalengka merancang suatu rencana strategis SI/TI yang selaras dengan strategis bisnis. Untuk membuat rencana strategis SI/TI yang baik, diperlukan suatu kerangka kerja yang dapat memberikan peran strategis SI/TI dalam organisasi, dapat meningkatkan nilai (value) bisnis serta dapat menciptakan keunggulan kompetitif (competitive advantage) PDAM Kabupaten Majalengka.

Hasil yang dicapai dari penelitian adalah membuat suatu kerangka kerja perencanaan strategi SI/TI yang terintegrasi sehingga memudahkan manajemen mengelola sumberdaya yang tersedia untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan, akurat, tepat waktu, dan dapat digunakan secara bersama oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan merancang sebuah arsitektur PDAM di Kabupaten Majalengka.

 

Keywords : Perencanaan, Strategi, Arsistektur, Sistem, Teknologi Informasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/j-ensitec.v1i01.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 J-ENSITEC

Journal of Engineering and Sustainable Technology (J-ENSITEC) Published by Fakultas Teknik Universitas Majalengka (Print ISSN : 2407-6007 and Online ISSN: 2477-359X)

 

 

Visitor Number :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.