KEPEMIMPINAN KEPALA DINAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MAJALENGKA

H.B Aris Nurdiana

Abstract


Laporan penelitian ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa prestasi kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika masih rendah, hal ini terlihat dari indicator diantaranya, lambatnya proses penanganan Kir, dan penyelesaian surat izin usaha angkutan. Masih terdapat pembuatan laporan pertanggungjawaban secara tertulis masih menggunakan data lama yang terdapat pada laporan sebelumnya tanpa memperhatikan data yang terbaru. Diduga disebabkan  oleh kepemimpinan Kepala Dinas belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari indikator antara lain : Pola hubungan kerja antara pimpinan dengan para pegawainya lebih bersifat formal, tegas dan komunikasi bersifat satu arah.  Belum maksimalnya perhatian terhadap fasilitas kerja yang dibutuhkan para  pegawainya, sehingga pekerjaan yang dihasilkan kurang maksimal. Penulis menduga, masalah tersebut disebabkan kepemimpinan Kepala Dinas belum dilaksanakan secara optimal.

Untuk itu penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut dengan mengambil judul “Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Dinas Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi kerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka.â€Adapun yang dijadikan populasinya berjumlah 60 orang, sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian penulis adalah pegawai pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis. Sedangkan Teknik Pengumpulan Datanya yang penulis gunakan, yaitu; studi kepustakaan, Observasi, Wawancra dan Angket. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : bahwa Kepala Dinas dalam pelaksanaan Kepemimpinannya belum sepenuhnya berdasarkan teknik-teknik kepemimpinan.

Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mencapai nilai 61,94% dengan predikat “Cukup Baikâ€. Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya prestasi kerja pegawai pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka, dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian prestasi kerja pegawai sebesar 62,50%.  dengan predikat “Cukup Baik†Dari uraian tersebut maka Kepemimpinan dengan Prestasi kerja Pegawai terdapat hubungan sebab akibat, hal ini berarti hipotesis yang penulis rumuskan, yaitu “Jika Kepemimpinan Kepala Dinas Dilaksanakan Berdasarkan Pada Teknik-teknik Kepemimpinan, Maka Prestasi kerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka Meningkat†dapat diterima kebenarannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.