IMPLEMENTASI PEMAJUAN BUDAYA TAKBENDA DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAJALENGKA

Tris Dina Susanti

Abstract


ABSTRAK

 

 

Penelitian yang penulis lakukan dilandasi dngan menariknya kebudayaan yang tidak begitu difahami masyarakat, sehingga mencoba untuk menguoas hal tersebut melalui penelitian ilmiah berjudul, “IMPLEMENTASI PEMAJUAN BUDAYA TAK BENDA DI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

KABUPATEN MAJALENGKAâ€. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya implementasi pemajuan budaya tak benda di Kabupaten Majalengka. Masih banyaknya masyarakat yang tidak memahami pemajuan budaya tak benda. Kurangnya sumber daya baik sumber daya manusia maupun fasilitas yang mendukung pemajuan budaya tak benda.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teori implementasi dari George C. Edward III. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan dalam implementasi pemajuan budaya tak benda di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka sudah dilakukan sesuai dengan amanat undang-undang. Namun dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui kebudayaannya. Selain itu kurangnya jumlah SDM, minimnya regenerasi, dan kurangnya fasilitas pendukung pemajuan budaya tak benda menjadi hambatan dalam proses pemajuanbudaya tak benda untuk dilaksanakan dengan optimal.

 

Kata kunci: implementasi, kebijakan, pemajuan budaya tak benda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.