PELAKSANAAN PENGAWASAN KEPALA UPT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PEMELIHARAAN KEBINAMARGAAN DAN TATA RUANG (PKBTR) WILAYAH MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Deni Herdiana, Imron Riani

Abstract


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini mengacu kepada dua variabel  yaitu pelaksanaan pengawasan oleh Kepala UPT dan kinerja pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Kebinamargaan dan Tata Ruang (PKBTR) Wilayah Maja Kabupaten Majalengka. Diketahui bahwa dalam penerapan teknik-teknik pengawasan ternyata Kepala UPT baru mencapai nilai rata-rata sebesar 68,37%, berada pada kriteria “Cukup Baikâ€.  Kinerja pegawai secara umum belum optimal, hal ini terbukti dari hasil angket rata-rata sebesar 62,5%, mendapatkan predikat “Cukup Baikâ€.

Rendahnya kinerja pegawai pada Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Kebinamargaan dan Tata Ruang (PKBTR) Wilayah Maja Kabupaten Majalengka turut dipengaruhi oleh belum optimalnya pelaksanaan teknik-teknik pengawasan oleh Kepala UPT. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai rata-rata 56,48% dan nilai rata-rata baru mencapai predikat “cukup baikâ€. Hal itu menunjukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara pelaksanaan pengawasan oleh Kepala UPT dengan peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Kebinamargaan dan Tata Ruang (PKBTR) Wilayah Maja Kabupaten Majalengka.

Dengan demikian, maka hipotesis yang penulis ajukan sebelumnya yaitu : “Jika  pelaksanaan pengawasan oleh Kepala UPT dilaksanakan berdasarkan teknik-teknik pengawasan, maka peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeliharaan Kebinamargaan dan Tata Ruang (PKBTR) Wilayah Maja Kabupaten Majalengka tercapaiâ€, telah teruji kebenarannya dan dapat diterima.

 

 

Kata Kunci : Pengawasan, Teknik-teknik Pengawasan, Kinerja


Full Text:

PDF Remote

Refbacks

  • There are currently no refbacks.