PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH DIREKTUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) CIDERES KABUPATEN MAJALENGKA

H. Eman Sudirman, Drs.,M.S

Abstract


Karya Ilmiah berupa Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang pelaksanaan motivasi yang dilakukan oleh  Direkturdalam upaya  meningkatkan produktivitas kerja pegawai pada   Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan ternyata produktivitas kerja pegawai pada   Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka masih belum optimal.

Selanjutnya, untuk meneliti variabel Motivasi, penulis menggunakan parameter/alat ukur asas-asas motivasi yang dikemukakan oleh Hasibuan, dalam bukunya  “Manajemen Sumber Daya Manusia“ yaitu : 1) Asas  mengikutsertakan..2) Asas komunikasi. 3).Asas pengakuan. 4). Asas wewenang yang didelegasikan. 5). Asas perhatian timbal balik .

Sedangkan untuk meneliti variable produktivitas kerja, penulis menggunakan parameter/alat ukur yang dikemukakan Washis yang dikutip oleh Saksono dalam upayabukunya "Administrasi Kepegawaian adalah sebagai berikut 1). Efektif,2).Efesien, 3) Disiplin.

            Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :bahwa  Direktur Rumah sakit dalam pelaksanaan motivasi belum sepenuhnya berdasarkan asas-asas motivasi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mendapatkan nilai 64,46% dengan predikat “Baikâ€..Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap belum maksimalnya produktivitas kerja pegawai pada  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka,dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian produktivitas kerja pegawai sebesar  65,13% dengan predikat “Cukup Baikâ€.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.