PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH CAMAT DALAMMENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Tera Triyantara HRN

Abstract


Kecamatan Maja merupakan wilayah administratif di bawah daerah Kabupaten Majalengka yang dipimpin oleh seorang Camat. Dalam rangka pencapaian tujuan dan keberhasilan program kerja, tentunya perlu didukung oleh aparat pemerintah, dalam hal ini pegawai kantor Camat Maja yang disiplin, patuh, taat, kuat dan cekatan serta memiliki ide dalam melaksanakan tugasnya. Namun selain daripada itu tidak terlepas dari kemampuan pimpinan dalam menggerakan pegawainya di samping dengan fasilitas kerja yang memadai.

Berdasarkan hasil penelitian penyusun pada kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka, terdapat beberapa kekurangan atau ketidak efektifan dalam kinerja pegawai pada kantor Camat Maja.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penyusun menduga bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Camat Maja dalam mencapai efektivitas kerja pegawai pada kantor Camat Maja belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena Camat Maja belum maksimal melaksanakan metode-metode pengawasan terhadap kerja pegawai yang ada dalam setiap unit organisasinya.

Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode deskriptif analisis. Setelah dilakukan penelitian melalui penyebaran angket, wawancara dan observasi, ternyata ditarik kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pengawasan oleh Camat belum menerapkan sepenuhnya metode-metode pengawasan, sehingga efektivitas kerja pegawai pada kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka belum dapat dicapai. Hal tersebut terlihat dari prosentase rata-rata pelaksanaan metode-metode pengawasan baru mencapai 72,9 %, sehingga berdasarkan standar penilaian menurut pendapat Suharsimi Arikunto berpredikat Cukup.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.