PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

Hj. Dewi Maharani, S.IP., M.Si.

Abstract


ABSTRAK

Laporan ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada Kantor Camat Kadipaten Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Disiplin Kerja Pegawai pada Kantor Camat Kadipaten masih rendah, berdasarkan pengamatan gejala tersebut diduga karena dalam pelaksanaan motivasi Camat Kadipaten belum sepenuhnya berdasarkan pada asas-asas motivasi. Dengan adanya masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang hasilnya akan tertuang dalam bentuk laporan penelitian dengan judul “Pelaksanaan Motivasi Oleh Camat Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Kadipaten Kabupaten Majalengkaâ€.

Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan yaitu mengenai disiplin kerja pada Kantor Camat Kadipaten Kabupaten Majalengka belum optimal, hal ini dapat dilihat dari indikator  : Masih ditemukannya pegawai yang belum disiplin terhadap peraturan, Masih adanya pegawai dalam melaksanakan pekerjaan yang kurang sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, Kurangnya perhatian secara langsung dari Camat terhadap para pegawai atas pelaksanaan tugas yang dibebankannya sehingga banyak masalah yang berkaitan dengan tugas para pegawai belum bisa diatasi, Masih ditemukan adanya indikasi pegawai keluar masuk tidak sesuai aturan. Hal tersebut diduga karena Camat Kadipaten dalam pelaksanaan motivasi belum sepenuhnya menerapkan asas-asas motivasi.

Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analisis dengan disertai teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket, dalam teknik wawancara diperoleh data dari Camat dan dalam teknik angket diperoleh data dengan penyebaran angket kepada seluruh pegawai Kecamatan yang berjumlah 18 orang dan semuanya dijadikan sensus penelitian.

Dalam pelaksanaan motivasi ternyata belum sepenuhnya menerapkan asas-asas motivasi, hal ini dikarenakan baru mencapai predikat “Cukup Baik†yaitu (64,21%) hal tersebut akan menghambat terhadap disiplin kerja pegawai pada Kantor Camat Kadipaten Kabupaten Majalengka, yaitu baru mencapai predikat “Cukup Baik†yaitu (62,51%) berdasarkan kriteria pengukuran analisis data. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan akhir yaitu, pelaksanaan Motivasi oleh Camat yang didasarkan pada asas-asas motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Kantor Camat Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Kata Kunci : Motivasi dan Disiplin kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.