PELAKSANAAN MOTIVASI LURAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN CIKASARUNG KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATEN MAJALENGKA

Deni Herdiana, S.IP., M.Si.

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Keluahan Cikasarung Kecamatan Cikasarung Kabupaten Majalengka dimana Kelurahan Cikasarung Kecamatan Majalengka berada di wilayah adminstrasi Kabupaten Majalengka dengan luas wilayah 272,590 hektar yang terdiri atas 3 lingkungan (Lingkungan Kramat Jaya, Lingkungan Gandasari dan Lingkungan Ganjar Asih ) ,6 RW dan 18 RT. Untuk pegawai di Kelurahan Cikasarung terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan, Kepala Seksi, Kesejahteraan Sosial, Kepala Seksi Pelayanan Umum, Pengadministrasi Umum.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu menggambarkan mengenai fenomena objek yang diamati pada saat penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data pun dilakukan secara sederhana, cukup menggunakan teknik observasi (pengamatan,) wawancara dengan para informan (pemberi informasi/keterngan)  baik pimpinan maupun pegawai lain yang memiliki kompetensi dengan permasalahan yang diteliti.

Kelurahan yang  juga merupakan pusat pelayanan bagi masyarakatnya harus mampu memenuhi keinginan atau aspirasi masyarakat itu sendiri. Motivasi pimpinan Keluranan terhadap bawahannya sangatlah penting guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada sehingga dapat dijadikan bahan acun dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Kelurahan Cikasarung Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

 

Kata Kunci : motivasi, kualitas pelayanan administrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.