PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH LURAH KEPADA PEGAWAI DALAM UPAYA MENCAPAI KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT PADA KELURAHAN CIJATI KECAMATAN MAJALENGKA

Hj Dewi Maharani

Abstract


Menurut pengamatan dan penelitian penyusun Kualitas Pelayanan Masyarakat pada Kelurahan Cijati Kecamatan Majalengka kurang berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari indikator sebagai berikut: (1) Kualitas pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh pegawai Kelurahan Cijati kurang disertai dengan kehandalan; (2) Kualitas pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh pegawai Kelurahan Cijati Kecamatan Majalengka kurang disertai dengan sikap empati.

Menurut Malayu SP Hasibuan, motivasi yaitu pemberian daya perangsang atau gairah kerja kepada pegawai agar bekerja dengan segala daya upaya. Dengan menggunakan asas-asas motivasi menurut Malayu SP Hasibuan. Kualitas Pelayanan menurut Nasution merupakan salah satu jenis pelayanan umum, dan untuk mencapai kualitas pelayanan masyarakat diperlukan peran komunikasi efektif antara pimpinan dengan pelaksana pelayanan disertai dengan lima dimensi pokok kualitas pelayanan dengan ukuran indikator Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati.

Hipotesis yang penyusun ajukan dalam penelitian ini “Jika pelaksanaan motivasi oleh Lurah berdasarkan asas-asas motivasi dilaksanakan dengan efektif maka kualitas pelayanan masyarakat pada Kelurahan Cijati Kecamatan Majalengka tercapaiâ€. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif analisis, yaitu teknik pengumpulan data : studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, angket). Populasi yang adan di Kelurahan Cijati sebanyak 14 orang, yaitu 1 orang diwawancarai dan 13 orang diberi angket atau dengan teknik sensus.

Pelaksanaan motivasi Lurah Cijati khususnya dalam penerapan asas-asas motivasi baru mencapai 62,31% dan Kualitas Pelayanan pada Kelurahan Cijai Kecamatan Majalengka baru mencapai 58,46%. Jelas terdapat hubungan antara penerapan asas-asas motivasi dengan kualitas pelayanan yang belum optimal berpengaruh pula terhadap kualitas pelayanan masyarakat.

Dari hal tersebut kesimpulannya pelaksanaan motivasi oleh Lurah belum dilaksanakan secara optimal untuk dapat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, terbukti dari prosentase hanya mencapai predikat “Cukupâ€.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.