ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PERANGKAT DESA PAGANDON KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

Diding Badjuri

Abstract


Rendahnya kualitas pelayanan publik Perangkat Desa tidak hanya dirasakan oleh masyarakat desa di daerah saja, hampir semua masyarakat yang ada di wilayah Kabuapten Majalengka menapsirkan sama “Bahwa kualitas pelayanan Perangkat Desa belum optimalâ€. Desa Pagandon sebagai desa transisi, tentu harus banyak yang diperbaiki terutama kinerja Perangkat Desa itu sendiri. Terlebih lagi dengan peresmian Undang-Undang no 06 tahun 2014 maka Perangkat Desa harus sudah siap menerima kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan memaksa aparatur desa untuk lebih produktif.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Menurut Sugiyono (2012:23) menyatakan bahwa data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (skoring).

Sumber pengumpulan data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Data Primer merupakan data yang diperoleh atau dikumpulkan secara langsung dari sumber data. Dalam penelitian ini media pengumpulan datanya dengan menggunakan pedoman wawancara yang ditanyakan kepada masyarakat di Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka. 2) Data Sekunder merupakan data yang dapat menunjang data primer. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan yang bersumber dari buku-buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu.

Berdasarkan pada hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan penyusun terhadap 46 responden, tanggapan mengenai kualitas pelayanan public paling tinggi terletak pada indikator perhatian Perangkat Desa sebagai berikut: responden yang menjawab puas sebanyak 44 orang dengan persentase nilai total skor sebesar 95,65%, sementara tanggapan paling rendah terletak pada indikator penanganan keluhan warga sebagai berikut: responden yang menjawab puas sebanyak 26 orang dengan persentase nilai total skor sebesar 56,52%. Akan tetapi secara keseluruhan kualitas pelayanan publik Perangkat Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten sangat memuaskan dengan rata-rata responden yang menyatakan puas sebanyak 70,47% menyatakan puas dan sisanya 29,53% menyatakan tidak puas.

Berdasarkan pada hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan penyusun terhadap 46 responden diperoleh data yang signifikan, akan tetapi masih ada yang menyatakan belum puas. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu sebagai berikut: 1) Struktur Organisasi Perangkat Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten; 2) Kemampuan Perangkat Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten; 3) Sistem Pelayanan Perangkat Desa Pagandon Kecamatan Kadipaten.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.