PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Siti Mucharomah

Abstract


Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 10 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka, Kecamatan adalah merupakan perangkat Daerah Kabupaten sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dipimpin oleh seorang Camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Berkaitan dengan penyusunan penelitian yang diberi judul “Pelaksanaan Motivasi Oleh Camat Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka†penyusun melaksanakan penelitian untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi Camat dengan kinerja pegawai pada kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka yang merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan dari pelaksanaan tugas dan fungsi Camat.

Berdasarkan pengamatan penyusun selama penelitian pada Kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka ternyata masih ditemui beberapa indikasi masalah yang menunjkan bahwa kinerja pegawai pada kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka masih belum optimal.

Setelah mengolah data jawaban responden ternyata :

  1. 1.      Pelaksanaan Motivasi oleh Camat Maja, khususnya dalam penerapan asas – asas motivasi baru mencapai 64,2% dan kinerja pegawai pada kantor Camat Maja  mencapai 64,6 %.
  2. 2.      Terdapat hubungan antara penerapan asas – asas motivasi dengan kinerja pegawai. Pemberian motivasi yang belum optimal berpengaruh pula terhadap kinerja pegawai yang juga belum optimal.
Sehingga penyusun mengajukan hipotesis  “Jika Pelaksanaan Motivasi Oleh Camat Berdasarkan Asas – Asas Motivasi, maka Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Maja Kabupaten Majalengka Meningkatâ€, telah teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.