MENUMBUHKAN KEPEMIMPINAN ANAK DI SEKOLAH DASAR

Roni Rodiyana, Wina Dwi Puspitasari

Abstract


Kepemimpinan adalah tanggung jawab semua orang termasuk anak sekolah dasar. Kontribusi yang paling penting untuk setiap pendidik adalah mengidentifikasi dan mengembangkan sikap kepemimpinan pada anak-anak. Guru sekolah dasar berpeluang untuk menanamkan jiwa kepemimpinan ke dalam kelas, pentingnya menanamkan dan mengasah jiwa kepemimpinan sejak dini, bertujuan untuk menyiapkan generasi-generasi terbaik di masa yang akan datang. Generasi yang akan menggantikan generasi tua untuk melanjutkan tugas mengisi kemerdekaan dan pembangunan. Generasi yang siap untuk menghadapi setiap tantangan yang akan datang di masa depan kelak.

 

Kata kunci: Kepemimpinan, Sekolah Dasar



Full Text:

188-194

References


Al-Bukhari Muhammad Bin Ismail Abu Abdullah. Shahih Bukhori. t.tp: daarut thuqinnajah: 1422 H.

Ellinor, L., & Gerard, G. (1998). Dialogue: Rediscover the transforming power of conversation. New York: Wiley.

Elmore, Tim, Dr. (2001). Nutiring the Leader Within Your Child. Thomas Nelson Inc., A Tennessee Corporation, 501 Nelson Place P.O. Box 141000, Nashville, TN 37214-1000.

Kessie, Zane Jared. (2016). Leadership Qualities: Teaching Kids to be Leaders. [Online]. Tersedia: https://kindredbond.com/parenting/Leadership-Qualities-Teaching-Kids-to-be-Leaders.

Mitchell, Price, Marilyn. (2011). Mistakes Improve Childrens Learning. [Online]. Tersedia: https://www.psychologytoday.com/blog/themomentyouth/201109/mistakes-improve-childrens-learning.

Puspitasari, Wina Dwi. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi di Sekolah Dasar. Repository Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Volume 2, 244-249.

Puspitasari, Wina Dwi. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (1).

Rodiyana, Roni. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. 1, (1), 34-43.

Rodiyana, Roni. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Verbal-Linguistik Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. 2, (2).

Rodiyana, Roni. (2016). Growing Democratic Leadership In Elementary Scholl. Proceeding The 3rd Summit Meeting on Education International Seminar . Vol. 1 (Cet. 1).

Rodiyana, Roni. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Learning terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. 4, (2), 45-57.

Rodiyana, Roni. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5, (1), 8-18.

Seidman, D. (2007). How: Why how we do anything means everything. Hoboken, NJ: Wiley.

Sondang, P. Siagian. (1994). Organisasi, Kepemimpinan, Perilaku Administrasi. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Wiersma, B. (2010). The power of professionalism. Los Altos, CA: Ravel Media.

Yukl, Gary. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Roni Rodiyana, Wina Dwi Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been Indexed by:

         

          

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat