PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI SISWA SMA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

vitta yaumul hikmawati

Abstract


Proses penilaian merupakan faktor esensial untuk mencapai efektivitas pembelajaran. Tidak meratanya representasi dalam soal menimbulkan kurang maksimalnya pemerolehan informasi yang dipahami siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi ilmiah tentang konsistensi representasi siswa dalam memecahkan masalah Sistem Reproduksi Manusia yang disajikan dalam soal pilihan ganda. Objek masalah yang harus siswa cari solusinya disajikan dalam 30 soal pilihan ganda, terdiri dari 15 soal bentuk verbal dan 15 soal bentuk imajinal. Kedua bentuk soal tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga siswa tidak menyadari bahwa mereka mengerjakan soal yang sejenis. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dan melibatkan 66 siswa kelas XI SMA jurusan IPA. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Sistem Reproduksi Manusia pada representasi verbal adalah  8,44 dengan standar deviasi 1,343 dan rata-rata kemampuan siswa pada representasi gambar yaitu 7,34 dengan standar deviasi 1,839. Perolehan angket mengungkap 60,79% siswa menyatakan representasi dalam format soal membantu mereka memahami masalah dan 70,73% menganggap representasi tidak membantu mereka dalam menentukan solusi.

Full Text:

PDF PDF

References


Ainsworth, S. (1999). The funcions of Multiple Representations. Computers in Education, 33(2/3), hlm. 131-152.

Ainsworth, S. (2006). DeFT: A Conceptual framework for considering learning with multiple representations. Learning and Instructions, 15(3), hlm. 183-198.

Anderson, Trevor R., & Schonborn, Konrad, J. et al.(2013). Identifying and Developing Students’ Ability to Reason with Concepts and Representations in Biology.

Clement, J.J.,& Rae Mamirez, M.A. (Eds.) (2008). Model based learning and instruction in science. Dordrect, The Netherland: Springer.

De Jong, T., Ainsworth, S.E. Dobson, M., et al.(1998). Acquiring knowledge in science and mathematics : The use of Multiple representations in technology-based learning environment. Learning with Multiple Representations.hlm 9-40. London: Elsevier Science.

Gardner, Howard. (1983). Multiple Intelligences: The Theory in Practice a Reader. USA: Basic Book.

Hikmawati, Vitta Y. (2010). Peran Bentuk Representasi dalam Soal Multiple Choice terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Reproduksi Manusia. Skripsi : Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan

Kohl, Patrick B & Finkelstein. (2006). Representational Format, Student Choice, and Problem Solving in Physics. [Online]. Tersedia:

Meltzer, David. (2003). Relation between students’ problem-solving performance and Representational Format. [Online]. Tersedia: http://www.physiceducation.net/docs/Relation_between_students.pdf [19 Juli 2013]

Nitko & Brookhart. (2007). Educational Student Assesment of Students. United States : Pearson Ltd.

Paivio, Allan. (1971). Mental Representations : A dual coding approach. New York: Oxford University Press.

Paivio, Allan. (2006). Dual Coding Theory and Educations.[Online]. Tersedia: http://74.125.153.132/search?q=cache:UF_sMNc4CJgJ:readytolearnresearch.org/pathwaysconference/presentations/paivio.pdf+dual+coding+theory&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a

Rosengrant, David. (2006). An Overview of Recent Research on Multiple Representations. [Online]. Tersedia : http://paer.rutgers.edu/ScientificAbilities/Download/Papers/DavidRosperc2006.pdf

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Treagust, F. & Tsui, Chi-Yan. (2013). Introduction to Multiple Representations : Their Importance in Biology and Biological Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v4i1.788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â