Efektivitas Metode Field Trip Berbantuan Aplikasi Plantnet sebagai Media Identifikasi Tumbuhan di Kawasan Hutan Arboretum Mandapa Kabupaten Majalengka

Iim Halimatul Mu'minah, Abdur Rasyid, Muhamad Kurnia Sugandi

Abstract


Pembelajaran Biologi dengan materi klasifikasi mahluk hidup sangat erat kaitannya dengan kegiatan mengidentifikasi jenis tanaman. Proses Pembelajaran Biologi mengenai identifikasi jenis tanaman tidak hanya cukup dengan teoritis saja, akan tetapi harus melaksanakan aktivitas mencari tahu, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi jenis tanaman yang dipelajari. Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan siswa dalam mengidentifikasi jenis tanaman yakni menggunakan Aplikasi PlantNet. Melalui aplikasi ini kita bisa mencari tahu nama ilmiah tanaman, klasifikasi, identifikasi terhadap bunga, daun, buah, batang, dan Wikipedia. Inovasi metode field trip dengan bantuan aplikasi diharapkan menjadi sebuah alternatif pembelajaran. Peneliti ingin membawa peserta  didik keluar kelas dalam proses pembelajaran Biologi yang menyuguhkan pembelajaran secara kontekstual bukan konseptual semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas metode field trip berbantuan aplikasi plantnet terhadap hasil belajar biologi pada materi klasifikasi tumbuhan di Kawasan hutan Arboretum mandapa kab. Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh kelas VII tingkatan Madrasah  Tsanawiyah dengan sampel 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive  sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian yakni soal pilihan ganda dan pengisian Angket siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode field trip berbantuan aplikasi plantnet efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran biologi dalam materi klasifikasi tumbuhan, didapat N-gain sebesar 0,48 dengan kategori Sedang. Berdasarkan hasil analisis data terdapat signifikansi hasil belajar biologi dari sebelum treatment dengan rata-rata pretest sebesar 68,97 dan sesudah treatmen dengan rata-rata posttest sebesar 85,06. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar biologi yang signifikan dan berada diatas kriteria ketuntasan minimal (kkm) sebesar 75. Respon siswa menunjukan hasil sebesar 82% dengan kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukan bahwa siswa memiliki respon yang Sangat Baik terhadap pembelajaran Biologi dengan menggunakan metode Field Trip berbantuan aplikasi Plantnet dalam materi identifikasi tanaman.

Full Text:

PDF

References


Ambarwari, A., Herdiyeni, Y., & Hermadi, I. (2018). Identification of Venation Type Based on Venation Density using Digital Image Processing. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 87. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.127

Dan Inovasi Konservasi Tumbuhan Indonesia Untuk Pemanfaatan Secara Berkelanjutan Oleh, S., Widyatmoko, D., Raya Bogor, K., Ilmu Pengetahuan Indonesia Jl Ir Juanda No, L. H., & Barat, J. (2019). Strategi dan Inovasi Konservasi Tumbuhan Indonesia untuk Pemanfaatan secara Berkelanjutan. Annals of the Missouri Botanical Garden, 102(2), 377–385. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11287

Emre Bozdogan, A. (2015). Determination of Biology Department Students ’ Past Field Trip Experiences and Examination of Their Self- Efficacy Beliefs in Planning and Organising Educational Field Trips. Wulfenia Journal, 22(7), 31–44.

Fitri Yeni, L., & Marlina Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, R. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta Kelas X. 1–14.

Jegstad, K. M., Sinnes, A. T., & Gjøtterud, S. M. (2018). Science teacher education for sustainable development: From intensions to realisation. Nordic Studies in Science Education, 14(4), 350–367. https://doi.org/10.5617/nordina.3263

Joly, A., Bonnet, P., Goëau, H., Barbe, J., Selmi, S., Champ, J., Dufour-Kowalski, S., Affouard, A., Carré, J., Molino, J.-F., Boujemaa, N., & Barthélémy, D. (2016). A M. Ricky Rifa’i, dkk.: Persepsi Mahasiswa Dalam Menggnukan Aplikasi PlantNet Pada Mata Kuliah Klasifikasi Makhluk Hidup|37 look inside the Pl@ntNet experience: The good, the bias and the hope. Multimedia Systems, 22(6), 751–766. https://doi.org/10.1007/s00530-015-0462-9

Meltzer,David E .2002.The Relationship Between Mathematics PreparationAnd conceptual learning gain in physics:A possible inhidden Variablei in Diagnostic pretest scores.Ames:Department of physics and Astronomy,Lowa State University

Mittermeier, R. A., Myers, N., & Mittermeier, C. G. 1999. Hotspots Earth’s Biologically Richest and Most Endangered Terrestrial Ecoregions. Emex and Conservation International.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmaliah, N. (2019). Penggunaan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Keanekaragaman Hayati dan Upaya Pelestariannya. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(1), 80. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i1.5476

Rifa, M. R., K, R. A., & Hasanah, R. (2020). VEKTOR : Jurnal Pendidikan IPA PLANTNET PADA MATA KULIAH KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. 1, 29–37.

Ross, H. (2015). Ten-Minute Field Trips. In Ten-Minute Field Trips. https://doi.org/10.2505/9780873550987

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilawati. (2017). Bahan Ajar Praktikum Statistik.. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Tal, T. (2013). Out-of-School: Learning Experiences, Teaching and Students’ Learning. In In B. Fraser; K. Tobin & C. McRobbie (Ed.). Second international handbook of science education (pp. 1109– 1122). Springer.

Wisanti, & Astriani, D. (2018). Bryological exploration: Field-trip based learning to develop competencies of science teacher candidate. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012006

Zulaikoh, Siti. (2009). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â