Kepraktisan Ensiklopedia Famili Anacardiaceae Koleksi Kebun Raya Banua untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

Nur Mayka Ramadina, Kaspul Kaspul, Muhammad Zaini

Abstract


Pendidikan abad ke-21 menuntut pendidik untuk meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran agar mahasiswa memiliki keterampilan 4C dan berkaitan dengan frasa think globally act locally yaitu mempunyai karakter berpikir global bertindak lokal. Penelitian pengembangan diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk berupa ensiklopedia. Ensiklopedia merupakan buku yang berisikan uraian dengan disertai gambar, disusun dengan sistematis dan alfabetis yang dikembangkan untuk membantu melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian pengembangan bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan produk yang telah ada sebelumnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan ensiklopedia yaitu kepraktisan isi dan harapan. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan Educational Design Research dengan desain evaluasi formatif Tessmer. Subjek uji kepraktisan isi adalah tiga orang mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah morfologi tumbuhan, dan subjek uji kepraktisan harapan adalah empat orang mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah morfologi tumbuhan. Data diperoleh dari instrumen kepraktisan isi dan kepraktisan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia famili anacardiaceae koleksi Kebun Raya Banua dinyatakan praktis untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Encyclopedia; anacardiaceae family; critical thinking skills; practical; development research




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â