Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality dalam Metode Praktikum Materi Organ Indera untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Proses Sains

Dini Indriani, Anna Fitri Hindriana, Sulistyono Sulistyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Augmented Reality yang digunakan dalam praktikum materi organ indera. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Cirebon pada bulan April sampai dengan September 2022 di kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R & D) dan model pengembangan analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian ahli, tes, rubrik keterampilan proses sains siswa dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil validasi dari dua validator sebesar 93,4 % dan keterlaksanaan LKPD 96,3 %.  Penguasaan Konsep mengalami peningkatan dibuktikan dengan hasil N Gain kelas kontrol yang menggunakan LKPD biasa dengan torso senilai 12,2 % sedangkan hasil N Gain kelas eksperimen yang menggunakan LKPD Berbasis Augmented Reality senilai 56,6 %. Nilai rata-rata keterampilan proses sains juga ada perbedaan yaitu kelas kontrol sebesar 74,73 sedangkan keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 92,62. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dapat meningkatkan Penguasaan Konsep dan keterampilan proses sains siswa. Respon siswa terhadap LKPD Berbasis Augmented Reality  juga dapat dikategorikan baik.


Full Text:

PDF

References


Alfares, Y. J., & Murwonugroho, W. (2021). Penerapan teknologi Augmented Reality untuk media pembelajaran interaktif pada anak. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 6(2), 202-212.

Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi media pembelajaran pengenalan angka dan huruf untuk anak usia dini menggunakan augmented reality berbasis android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 967-980.

Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui metode eksperimen dan inkuiri terbimbing ditinjau dari kreativitas siswa pada materi larutan penyangga di SMA N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 89-97.

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019, October). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 662-668).

Hayati, D. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 82-93.

Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan lembar kerja praktikum berbasis diagram vee guna memfasilitasi kegiatan laboratorium secara bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(1), 62-68.

Hindriana, A. F., & Setiawati, I. (2021, March). Application of VIPSTA experiment worksheet: an attempt to reduce students cognitive load in learning biology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012169). IOP Publishing.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Pamungkas, M. S. H., Mulyani, S., & Saputro, S. (2017). Penerapan model pembelajaran poe dengan metode praktikum untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 46-60.

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan, (1), 57-69.

Sintani, D. E., Hendriyono, L. M., & Lestiani, W. (2021). PENGARUH MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMAN 2 DUSUN SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 22-27.

Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-analisis media pembelajaran pada pembelajaran biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22-27.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24-35.

Utami, W. S., Ruja, I. N., & Utaya, S. (2016). React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Transferring) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of education and practice, 7(17), 100-104.

Vebrianto, R., & Osman, K. (2011). The effect of multiple media instruction in improving students’ science process skill and achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 346-350.

Zaman, B. (2020). Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â