Implementasi Model Think Pair Share (TPS) Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPA

Agus Sumantri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA tentang asam, basa dan garam dengan menggunakan model Think-Pair-Share di Kelas VII B SMP Negeri 2 Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah kelas VII B SMP Negeri 2 Ciamis sebanyak 32 orang, terdiri dari 16 perempuan dan 16 laki-laki. Peserta didik yang menjadi subyek penelitian memiliki karakteristik yang beragam, baik dari segi kemampuan, motivasi maupun latar belakang pengetahuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang berupa lembar observasi, dan tes. Pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model TPS terdiri empat tahapan yaitu Pertama, tahap think (berpikir secara individu). Kedua, tahap pair (berpasangan), tahap ini guru mengelompokkan peserta didik secara berpasangan, dimaksudkan agar peserta didik tidak pindah mendekati peserta didik lain, kemudian peserta didik bekerja dengan teman sebangkunya untuk saling berbagi ide, jawaban, dan pemikiran mereka atas masalah yang diajukan. Ketiga, tahap share (berbagi jawaban dengan pasangan lain atau kelas), peserta didik atau kelompok terpilih dapat mempresentasikan jawab kelompoknya di depan kelas, bahkan bisa semua kelompok mempersentasikannya secara bergantian, dan Keempat, tahap penghargaan, pada tahap akhir peserta didik diberi penghargaan baik dari segi individu maupun kelompok. Nilai individu didapatkan berdasarkan hasil jawaban pada tahap think, sedangkan nilai kelompok diambil berdasarkan tahap pair dan share, terutama sekali yaitu ketika pada tahap presentasi didepan kelas. Serta penerapan model Think-Pair-Share  dalam pembelajaran IPA kelas VII B SMP Negeri 2 Ciamis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata hasil evaluasi tiap siklus mengalami peningkatan yaitu dari 52,31 pada pra tindakan dengan persentase ketuntasan 6,25 % menjadi 80,59 pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,4 % serta terjadi peningkatan ratata-rata secara klasikal menjadi 83,94 pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan 96,9 %.


Full Text:

PDF

References


Aini, N. A., Syachruroji., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 68–76.

Alfiriani, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran dan Implementasinya. Sukabina.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodollogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Citra Wibawa, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975

Isdaryanti, B., Rachman, M., Sukestiyarno, Y. L., Florentinus, T. S., & Widodo, W. (2018). Teachers’ performance in science learning management integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12887

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Sari, R. P., Mauliza, M., Nazar, M., & Nahadi, N. (2020). The Implementation of Performance Assessment Through Virtual Laboratory to College Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 5. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.484

Sefnita Eka Sutarti, N. P., & Citra Wibawa, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16319

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Sugiharto, B. (2011). Konsepsi Guru IPA Biologi SMP Se-Surakarta tentang Hakikat Sains. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, 1994, 406–411.

Trianto. (2015). DESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK. Kencana Prenada Media Group.

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9–19.

Yulianti, D. R. (2018). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Siswa Kelas Ii Sd N Wirosaban Tahun Ajaran 2016/2017. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 142. https://doi.org/10.30738/tc.v2i1.2772




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v8i1.4554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â