Analisis Kemampuan Literasi Linkungan bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi pada Pembelajaran IPA SMP Kelas 7

Zakiyyah Zakiyyah, Arif Abdul Haqq

Abstract


Pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan tidak dapat dilaksanakan secara efektif tanpa keterlibatan dari semua elemen masyarakat. Hal ini membutuhkan kemampuan literasi lingkungan seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap tentang nilai konservasi. Penerapan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi dalam mengubah kesadaran dan perilaku masyarakat sangat penting agar konservasi menjadi bermakna dan berkelanjutan bagi alam. Penelitian ini berfokus pada kemampuan literasi bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi pada pembelajaran IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kemampuan literasi lingkungan bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi berpengaruh terhadap sikap siswa kelas 7 pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif verbal “Aesop†dengan teknik pengumpulan data berupa survei angket kemampuan literasi siswa. Metode ini memiliki keunggulan dapat mengungkapkan dominasi responden dari aksen estetika, kognitif, pragmatis atau lingkungan dari perilaku terhadap alam.  Serangkaian penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan literasi lingkungan bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi dapat mempengaruhi sikap siswa dalam kaitannya dengan interaksi terhadap makhluk hidup dan lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Al-Hail, M. A., Al-Fagih, L., & Koç, M. (2021). Partnering for Sustainability: Parent-Teacher-School (PTS) Interactions in the Qatar Education System. Sustainability, 13(12), 6639. https://doi.org/10.3390/su13126639

Arslan, H. O., Moseley, C., & Cigdemoglu, C. (2011). Taking attention on environmental issues by an attractive educational game: Enviropoly. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.146

Chapman, S. N., & O’Gorman, L. (2022). Transforming Learning Environments in Early Childhood Contexts Through the Arts: Responding to the United Nations Sustainable Development Goals. International Journal of Early Childhood, 54(1). https://doi.org/10.1007/s13158-022-00320-3

Clayton, S., Bexell, S. M., Xu, P., Tang, Y. F., Li, W. J., & Chen, L. (2019). Environmental literacy and nature experience in Chengdu, China. Environmental Education Research, 25(7). https://doi.org/10.1080/13504622.2019.1569207

de Vries, J. R. (2014). Understanding Trust: Longitudinal Studies on Trust Dynamics in Governance Interactions. In PQDT - Global.

Deryabo, S. D., & Yasvin, V. A. (1996). Ecological pedagogics and psychology. Publishing house “Felix.â€

Gianoutsos, J. (2006). Locke and Rousseau : Early Childhood Education. The Pulse, 4(1), 1–23.

Grineva, L., Alekseeva, M., Kazakova, L., & Zabbarova, M. (2022). Formation of Ecological Culture of Students in the Conditions of Distance Learning. 583–594. https://doi.org/10.3897/ap.5.e0583

Haqq, A. A. (2017). Analisis Afeksi Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Challenge Based Learning. Procediamath, 82–94. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/semnasmat/article/view/2769

Haqq, A. A. (2018). Analisis Sikap Matematis Berdasarkan Golongan Darah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1).

Harness, H., & Drossman, H. (2011). The environmental education through filmmaking project. Environmental Education Research, 17(6). https://doi.org/10.1080/13504622.2011.618626

Hehir, C., Stewart, E. J., Maher, P. T., & Ribeiro, M. A. (2021). Evaluating the impact of a youth polar expedition alumni programme on post-trip pro-environmental behaviour: a community-engaged research approach. Journal of Sustainable Tourism, 29(10). https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1863973

Indramawan, a, & Hafidhoh, N. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meningkatkan Semangat Belajar. SEMDIKJAR: Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran.

Jacobson, S. K., McDuff, M. D., & Monroe, M. C. (2006). Conservation Education and Outreach Techniques. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780198567714.001.0001

Jelbert, S. A., Taylor, A. H., Cheke, L. G., Clayton, N. S., & Gray, R. D. (2014). Using the Aesop’s Fable Paradigm to Investigate Causal Understanding of Water Displacement by New Caledonian Crows. PLoS ONE, 9(3), e92895. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0092895

Kleiman, D. G., Reading, R. P., Wallace, R. L., Robinson, J., Cabin, R. J., & Felleman, F. (2000). Improving the Value of Conservation Programs. Conservation Biology, 14(6). https://doi.org/10.1111/j.1523-1739.2000.1462-2.x

Liddicoat, K., & Krasny, M. E. (2013). Research on the long-term impacts of environmental education. In International Handbook of Research on Environmental Education. https://doi.org/10.4324/9780203813331-45

Marsh, K. (2017). Conservation education and outreach techniques. Environmental Education Research, 23(4), 591–594. https://doi.org/10.1080/13504622.2016.1199662

Sakurai, R., Ota, T., & Uehara, T. (2017). Sense of place and attitudes towards future generations for conservation of coastal areas in the Satoumi of Japan. Biological Conservation, 209. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2017.02.041

Sakurai, R., & Uehara, T. (2020). Effectiveness of a marine conservation education program in Okayama, Japan. Conservation Science and Practice, 2(3). https://doi.org/10.1111/csp2.167

Seikkula-Leino, J., Jónsdóttir, S. R., Håkansson-Lindqvist, M., Westerberg, M., & Eriksson-Bergström, S. (2021). Responding to global challenges through education: Entrepreneurial, sustainable, and pro-environmental education in nordic teacher education curricula. Sustainability (Switzerland), 13(22). https://doi.org/10.3390/su132212808

Siemer, W. F., Lauber, T. B., Decker, D. J., & Riley, S. J. (2012). Agency Traits That Build Capacity to Manage Disease. Human Dimensions of Wildlife, 17(5), 376–388. https://doi.org/10.1080/10871209.2012.709309

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata Sebagai Sumber Belajar Biologi dan Strategi Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Education, 3(2).

Zakiyyah, Zuhud, E. A. M., & Sumardjo. (2016). Sikap Masyarakat dan Konservasi Kasus Stimulus Pakis Sayur di Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 6(1), 71–76. https://journal.ipb.ac.id/index.php/konservasi/article/view/2979

Zuhud, E. A., Sofyan, K., Prasetyo, L. B., & Kartodihardjo, H. (2007). Sikap masyarakat dan konservasi: suatu analisis kedawung (Parkia timoriana (DC) Merr.) sebagai stimulus tumbuhan obat bagi masyarakat, kasus di Taman …. Media Konservasi, 12(1), 22–32. https://journal.ipb.ac.id/index.php/konservasi/article/view/2979/1962




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.4517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â