ANALISIS KEPRAKTISAN BAHAN AJAR SUB KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN “SIJAMBU†DI SMA BERBASIS APLIKASI ANDROID

Riya Irianti, Noorhidayati Noorhidayati, Siti Nooridzati

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran secara tatap muka tidak bisa terlaksana sehingga diperlukan sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran jarak jauh ini memerlukan media pembelajaran berbasis teknologi yang mudah dan praktis digunakan saat proses pembelajaran. Bahan Ajar berbasis Aplikasi Android merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan kondisi pandemi saat ini untuk membantu saat belajar secara mandiri. Salah satu Sub konsep yang memerlukan bahan ajar berbasis teknologi dalam belajar seara mandiri yaitu sub konsep struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kepraktisan bahan ajar sub konsep struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan “ SIJAMBU†di SMA berbasis android. Subyek Uji Kepraktisan terdiri atas 12 orang peserta didik kelas XII MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sub konsep struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan “SIJAMBU†di SMA berbasis android yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 4.39 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118–124.

Alifah, S. (2021). Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain Education In Indonesia And Abroad : Advantages And Lacks Pendidikan yang berkualitas pada saat ini masih terus diupayakan oleh pemerintah . Upaya pendidikan yang berkualitas tidak hanya diupayakan oleh pemerintah. Jurnal Cermin, 5(1), 113–123.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10.

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57.

Azizah, S. H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Sikap terhadap Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Lintas Minat Biologi SMA Negeri 2 Malang. http://mulok.library.um.ac.id/Index3.Php/90167.Html

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

El-Mouelhy, I., Poon, I. H. C., Hui, A. N. N., & Sue-Chan, C. (2013). Does a Creative Learning Medium Matter? Impact of Low Cost Android Tablets on Elementary Students’ English Comprehension, Perceived Performance and Memory Retention. Creative Education, 4(12), 42–50.

Hilmi, H. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128–135.

Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. (2016). Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3), 445–448.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Mikrotik, 2(1).

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92. https://journals.aiac.org.au/index.php/IJELS/article/view/4616

Irianti, R., Dharmono, & Mahrudin. (2020). Development of Biology Learning Media Based on Macromedia Flash in the Era of Industrial Revolution 4.0. Iceri 2019, 57–60.

Irianti, R., & Noorhidayati. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mahasiswa Pengikut Matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 124–128.

Irwandani, & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42.

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. . (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu NegeRI, 1(1), 44.

Kahraman, M. O. (2015). Game Based Education with Android Mobile Devices. 2015 6th International Conference on Modeling, Simulation, and Applied Optimization (ICMSAO), 4–7. https://doi.org/10.1109/ICMSAO.2015.7152220

Kim, D., Rueckert, D., Kim, D., & Seo, D. (2013). Students’ Perceptions and Experiences of Mobile Learning. Language Learning & Technology, 17(3), 52–73.

Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1

Lestari, H., Vivanti, D., & Miarsyah, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Dalam Meningkatkan Pemahaman SIswa Pada Materi Metabolisme. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1–13.

Mashar, A., & Caromalela, B. A. P. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017- 2018. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 49–61.

Maulida. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Android “Sigema†Konsep Sistem Gerak Manusia.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Purwanto, M. . (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna terhadap Short Term Memory pada Siswa Kelas VIII SMPN 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1391

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement Educational System, 8(1).

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference.

ZDM–Mathematics Education, 53(6), 1387–1402. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01269-8

Sokolowski, C. (2000). The variable in linear inequality: College students’ understandings. Proceedings of the 22nd Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Columbus, OH, ERIC Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education, 141–146.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.4423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â