Analisis Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Vloging dalam Pembelajaran Biologi

Nur Ilmiyati, Adi Maladona

Abstract


Vlogging dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekolah bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam menggunakan media vlogging pada siswa kelas X Biologi SMA Informatika Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Siswa kelas X IPS SMA Informatika Ciamis dipilih sebagai sampel, karena di kelas X IPS mata pelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survey. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat minat belajar siswa termasuk dalam kriteria tinggi yaitu dengan menggunakan media Vlogging di SMA Informatika Ciamis menghasilkan persentase sebesar 74,7%.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Purnomo Setiady dan Usman, Husaini. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alianto, D. (2017). Pengembangan Media Vlogging (Video Blogging) Untuk Pembelajaran Laporan Perjalanan Pada Siswa Kelas VIII SMP Katolik Yohanes Gabrielpare –Kediri. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Dwi, H. A., Muhammad, J. dan Ail, M. (2018). “Pengaruh Video Blog Gitasav Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Studi Ke Jermanâ€. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fariz Eka Nur Fu’ad (2013). “Penggunaan Media Video Blogging (VLOGGING) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Penelitian Quasi Eksperimen Sekolah Menengah Atas Negeri 1 – Bandung)â€. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Irsanti, S. W. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Ipa 2 Tahun Ajaran 2016/2017 Sma Negeri 9 Yogyakartaâ€. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Najib, I.A, Suyatna, A, dan Wahyud, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya : PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i1.4392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â