Pengembangan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Inkuiri pada Materi Metamorfosis

Ayu Mutoharoh, Winda Dwi Kartika, ‪Jodion Siburian‬

Abstract


Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi belum menggunakan sintaks inkuiri sehingga mahasiswa kurang aktif saat melakukan praktikum terutama dalam pemecahan masalah dan kreatif dalam belajar mandiri. Pengembangan panduan praktikum penting untuk dilakukan karena dapat membuat mahasiswa lebih aktif dalam praktikum dan pembaruan informasi dari panduan praktikum sebelumnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon mahasiswa terhadap panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi metamorfosis yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four D) (define, design, development, and disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang terdiri dari angket validasi materi, media, dan respon mahasiswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi diperoleh skor persentase sebesar 91,3% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli media diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala kecil diperoleh skor sebesar 84,73% dengan kategori “layak†dan hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar diperoleh skor sebesar 85,7% dengan kategori “sangat layakâ€. Sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis inkuiri pada materi metamorfosis dinyatakan layak untuk digunakan dalam praktikum perkembangan hewan.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2016). ‘Analisis Kesesuaian Materi Kuliah dengan Materi Praktikum Biologi Bidang Tumbuhan pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry’. Jurnal Biotik. 4(2): 156–162.

Agustina, P. and Ningsih, I. W. (2017) ‘Observasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta T . A . 2015 / 2016 Ditinjau dari Standar Pelaksanaan Praktikum Biologi The Observation of Biology Practical in Grade XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta 2015 / 2016 Based on Bio’, Bioeducation Journal, 1(1):34–43.

Arywiantari, D., Agung, A. . G. and Tastra, I. D. K. (2015) ‘Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja’, Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1):1–12.

Festiana, I., -, Sarwanto and -, Sukarmin (2014) ‘Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma’, Inkuiri, 3(3):53–64. doi: 10.20961/inkuiri.v3i2.9682.

Harahap, J. et al. (2019) ‘Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semeter II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013’, Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1):194–198. doi: 10.32734/st.v2i1.341.

Jaya, H. (2015) ‘Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp’, Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1): 196. doi: 10.18269/jpmipa.v20i2.585.

Muljono, P. (2007) ‘Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah’, Buletin BSNP Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan, 11(1):1–24.

Prihatin (2013) ‘Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1):81–90. doi: 10.21831/jpv.v2i1.1019.

Prihatin (2016) ‘Potensi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah’, 1(1):414–424.

Purnamasari, S. and Setiyadi, M. W. (2019) ‘PENGARUH ZAT KIMIA PADA BERBAGAI SUHU TERHADAP DENYUT JANTUNG KATAK (Rana sp.) DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM FISIOLOGI HEWAN Sry’, 7(2):123–131.

Putro, S. D. K., Lestari, U. and Lukiati, B. (2016) ‘Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Penelitian Metamorfosis Ulat Sutera Bombyx mori L.’, Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(7):1229–1234.

Rodiyana, R. (2015) ‘PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SD’, Jurnal Cakrawala Pendas, I(1):34–43.

Safitri, D. and Hartati, T. A. W. (2016) ‘Kelayakan Aspek Media dan Bahasa dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel’, Jurnal Vlorea, 3(2):9–14.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Y. (2017). ‘Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi’, Bio Educatio, 2(2):49–57.

Toyep, M. (2012) ‘Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi Problem Posing Pada Materi Fluida Statik Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa’, 2(2):121–126.

Wahyuni, Sri. (2015) ‘Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP’, Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2):196-203.

Widyaningrum, D. A. and Wijayanti, T. (2019) ‘Implementasi buku petunjuk praktikum biokimia berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah’, Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(02):58–67. doi: 10.33503/ebio.v4i02.437.

Zunaidah, F. N. and Amin, M. (2016) ‘Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri’, Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1):19–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.3923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â