PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENCIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO

Indra Drajat Sopwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan oleh mahasiswa pada mata kuliah media pembelajaran biologi semester II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan menggunakan acuan model 4D Thiagarajan (1974) dengan beberapa tahapan yaitu meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu define, design, dan develop. Dengan menggunakan teknik analisis kelayakan media pembelajaran video berbasis video dilihat dari hasil uji validasi ahli. Adapun  hasil uji validasi yang didapatkan oleh ahli menunjukkan rata-rata data kelayakan isi (materi) sebesar 75%, dan kelayakan media 83%. Hasil keseluruhan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi cakupan biologi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.3894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â