Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa MTSN 2 Majalengka

Iim Halimatul Mu'minah, Muhamad Kurnia Sugandi, Aden Arif Gaffar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi peran orang tua dalam mendampingi kegiatan pembelajaran daring dari rumah pada siswa, Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh partisipasi yang orang tua berikan pada siswa terhadap prestasi belajar IPA siswa selama belajar daring dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survei. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 70 orang tua siswa dari kelas VIII A-G MTsN 2 Majalengka. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probalility sampling dengan tipe simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Peneliti mengobservasi langsung para orang tua siswa dan peneliti meminta para orang tua siswa untuk mengisi angket dengan memilih opsi jawaban pada kolom yang tersedia.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistic deksriptif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan data hasil penelitian dipereoleh hasil rata-rata respon orang tua dalam mendampingi siswa selama pembelajaran daring di rumah yakni 73% dengan kategori kuat, itu artinya peran orang tua begitu optimal dalam mendampingi siswa selama pembelajaran daring di rumah dan terdapat peningkatan prestasi belajar IPA dengan rata-rata nilai raport diatas 75 dan menunjukan diatas KKM.

Kata kunci Optimalisasi Peran orang tua, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26.

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Belawati, T. (2019). Pembelajaran on-line (kesatu) (Issue December 2019).

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. PustakaPelajar.http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808673/penelitian/desentralisasipartisipasi-masyarakat-dalam-pendidikan.pdf

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik. Ar-Ruzz Media

Haryanto. (2010). Pengertian Prestasi Belajar. http://belajarpsikologi.com/pengertian-prestasi-belajar.

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Kajian Gender dan Anak. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(1), 63–82.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Nurnajmi, & Awaru, A. O. T. (2018). Perokok (Studi Siswa Kalangan Ekonomi Rendah di SMP Negeri 18 Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 5(1), 108–113.

pemerintah Pusat .2020. Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Retrieved from Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai KEMENDIKBUD : https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaranmendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikandalam-masa-darurat-penyebarancorona-virus-disease-covid-1-9

Purbawati, C., Rahmawati, L. E., Hidayah, L. N., & Wardani, L. S. P. (2020). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 102–108. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4919

Somawati, A. V., Adnyana, K. S., Darmawan, I. P. A., Dewi, N. P. D. U., Untara, I. M. G. S., Suadnyana, I. B. P. E., ... & Indrayasa, K. B. (2020). Bali vs COVID-19: Book Chapters. Nilacakra.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. JurnalPendidikan PembelajaranPemberdayaan Masyarakat, II(2), 131–145. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/272/142

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.3852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â