PENGARUH MEDIA MONOPOLI IPA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA TEMA MATAHARIKU

Liska Berlian, Lukman Nulhakim, Rahmawati Rahmawati, Fitria Ramadhani

Abstract


Latar belakang penelitian ini karena hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah, kurang dari KKM dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Maka dari itu, guru perlu memiliki strategi pembelajaran yang tepat, efektif, aktif, menyenangkan dan lebih banyak melibatkan peserta didik dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, digunakan model Teams Game Tournament (TGT) dibantu dengan media monopoli IPA sehingga pembelajaran lebih interaktif dimana peserta didik dapat dilibatkan langsung di kegiatan pembelajaran dan mengikuti dengan baik dari setiap tahapan model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh model TGT dengan media monopoli IPA terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada tema Matahariku kelas VIII SMPN 1 Cikande. Penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cikande dengan tema pembelajaran Matahariku. Kemampuan kognitif peserta didik diukur melalui instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,42, nilai tersebut lebih besar daripada nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang memperoleh 58. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,003˂0,05. Maka disimpulkan, bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik.  

Kata Kunci: Model Teams Games Tournaments, Media Monopoli IPA, Kemampuan Kognitif, Tema Matahariku.


Full Text:

PDF

References


Al-Hafizh. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning. http://www.surgamakalah.com/2011/07/model-pembelajaran-cooperatif-learning.html Diakses 7 Desember 2018.

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Bumi Aksara.

Bahri, S., dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1–5.

Fogarty, R. (2009). How to Integrate the Curricula (3rd ed.). Library of Congress Catalonging in Publication Data.

Isjoni. (2011). Teori-Teori dalam Pembelajaran Kooperatif. Bumi Aksara.

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., dan Dewi, R. E. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).

Kusumaningsih, K. D. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 83–98.

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17.

Musyafa, W. N., dan Djatmiko, R. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tornament (TGT) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengelasan. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(5), 371–378.

Nopiyanita, T., Haryono, dan Ashadi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimiadan Kreatifitas Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 135–141.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., dan Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Rosyana, W., Sri, M., dan Sulistiyo, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournaments) menggunakan Media Permainan Monopoli dan Ular Tangga pada Materi Pokok Sistem Koloid ditinjau dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 74–81.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Rajawali Press.

Sadan, H. (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIIII SMP Negeri 1 Batuatas pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. http://goesbas.blogspot.com/2011/05/meningkatkan-prestasi-belajar.html Diakses 7 Desember 2018.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sari, A. D. C., dan Supardi, K. I. (2013). Pengaruh Model Team Game Tournament–Question Cards terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2), 1220–1228.

Situmorang, R. (2005). Desain Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53.

Solihatin, E., dan Raharjo. (2011). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RdanD. CV Alfabeta.

Sunjoyo, S. R., Carolina, V., Magdalena, N., dan Kurniawan, A. (2013). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Alfabeta.

Yulianto, W., Sumardi, K., dan Berman, E. T. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323–330.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i1.3704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â