ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL MULTIPEL REPRESENTASI

Dea Chrestella, Nukhbatul Bidayati Haka, Supriyadi Supriyadi

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan yang ditemukan di SMAN 15 Bandar Lampung yakni kegiatan pembelajaran berlangsung tidak sistematis dan hanya diberikan tugas. Selain itu, pendidik dalam kegiatan pembelajaran banyak menjelasan materi sehingga tidak ada kesempatan untuk peserta didik mengembangkan self regulation dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh model multipel representasi pada kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik. Metode yang dipakai yakni quasi exsperiment design dengan pengambilan teknik sampel penelitian yakni teknik cluster random sampling. Adapun desain eksperimennya berupa Pretest-Posttest Control Grup Design. Keterbaruan berupa variabel terikat yang digunakan yakni kemampuan berpikir kritis dan self regulation. Hasil penelitian berupa (1) Model multipel representasi berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan self regulation berdasarkan uji manova nilai signifikansi . (2) Model multipel representasi dapat menaikkan kemampuan berpikir kritis dan self regulation dalam kegiatan pembelajaran biologi berdasarkan hasil uji between Subject Effects yakni 0,000 dan 0,000 yang artinya hipotesis diterima.

Kata Kunci: Kemampuan Bepikir Kritis, Model Multipel Representasi, Self Regulation

 

ABSTRACK

The problem found at SMAN 15 Bandar Lampung is that learning activities take place not systematically and are only given assignments. In addition, educators in learning activities explain a lot of material so that there is no opportunity for students to develop self-regulation in the learning process. This study was conducted to see the effect of multiple representation models on students' critical thinking skills and self-regulation. The method used is a quasi-experimental design by taking the research sample technique, namely the cluster random sampling technique. The experimental design is in the form of Pretest-Posttest Control Group Design. The novelty of the dependent variable used is critical thingking skills and self-regulation. The results of the research are (1) multiple representation model has an effect on critical thinking skills and self-regulation based on the manova test of significance value. (2) The multiple representation model can increase critical thinking skills and self-regulation in biology learning activities based on the between Subject Effects test results, namely 0.000 and 0.000, which means that the hypothesis is accepted.

Key words: Critical Thinking Skils, Multiple Representation Model, Self Regulation


 


Full Text:

PDF

References


Agnafia Desi Nuzul. (2019). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi.†Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol. 6, No .1, pp 45-63

Anggraini Putri Mahresi. (2017). “Efektivitas Model Pembelajaran Multiple Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Efikasi Diri Peserta Didik.†Thesis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Ardiansyah sigit, et.al., (2019). “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.†Jurnal Pendidikan Fisika. Vol VII, No.2, pp 265-278

Dwi Supriyadi.(2019).Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Self Regulation dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Jati Agung Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi.Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung

Fitriana Desmita Ayu, et.al., (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Multipel Representasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP.†Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 4, pp 383-394

Haka nukhbatul bidayati, et al., (2020). “Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Self Regulation Biologi Kelas XI: Pengaruh Model Auditory, Intellectually Dan Repatition (AUDI-IR).†Journal Of Biology Education. Vol. 3, No.1, pp 16-30

Miswari mentari, et al., (2020). “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gender.†Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 8, No. 1, pp 110-117

Miterianifa, et al., (2020). “Critical Thinking Skills Profile of Senior High School Students in Learning Chemistry.†Journal Humanities and Social Sciences. Vol. 8, No. 3, pp 737-744

Mulyani Septiana Dwi, et.al. (2018). “Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 7, No 2, pp 1-12

Mutmainnah. (2019). “Hubungan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Regulasi Diri.†Journal Education, Psycholgy and Counseling. Vol. 1, No. 1, pp 27-34

Napis, et al., (2021). “Pengaruh Regulasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Schoology Terhadap Pemecahan Masalah Fisika Mahasiswa.†Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, pp 270-281

Narumi Safira Aprillia, et al., (2021). “Penerapan Fast Feedback Dalam Pembelajaran Discovery Pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Adversity Quotient.†Jurnal PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika). Vol. 4, No.1, pp 406-415

Ngalim purwanto.(2013).Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ningrum Hanis Rachna, et al., (2019). “Hubungan Antara Regulasi Diri (Self Regulation) Dengan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XII Pada Mata Pelajaran Biologi.†Jurnal Wahana Pendidikan. Vol. xx, No. xx, pp xx

Nurfiyani Indah Okta, et al., (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritispeserta Didik Pada Konsep Keanekaragaman Hayati.†BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Vol. 4, No. 2, pp 67-72

Oktavianti. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Multipel Representasi Berbantu APL(Alat Peraga, Power Point, Lembar Kerja Siswa) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar.†Skripsi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung

Prasetyana Zahrotin, et al., (2020). “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Regulasi Diri Pada Santri Madrasah Diniyah Di Sidoarjo.†Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung. Vol. 2, No. 2, pp 76-82

Rizti Titania Mega, et.al. (2021). “Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical- Creative-Meaningfull) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.†Vol. 10, No. 2, pp 213-224

Saputri Desi, et al., (2020). “The Relationship of Self Regulation with Academic Procrastination of Students.†Jurnal Neo Konseling. Vol. 2, No. 2 , pp 1-7

Supriyadi, et al., (2019). “Analisis Kritis Dampak Internet Terhadap Perilaku Membaca Mahasiswa.†BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 10, No. 1, pp 82-100

Syahrul Rosyidah, et al., (2021). “Analisis Berpikir Kritis Siswa SMAN 4 Padang Pada Materi Pencemaran Lingkungan.†Jurnal Eksakta Pendidikan. Vol. 5, No. 1, pp 25-32

Wahyuni Tri, et al., (2019). “Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Wee Dengan Strategi Qsh Ditinjau Dari Self Regulation.†Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 8, No. 1, pp 65-72

Wayudi Mauliana, et al., (2019). “Kajian Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 5, No. 1, pp 67-82

Yasdar Muhammad, et al., (2018). “Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self-Regulation) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang.†Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2, pp 50-60




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v6i2.3363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â