Pengaruh Pemberian Air Rendaman Teh terhadap Pertumbuhan Stek Singkong

Rohmat Faoji, Ratna Dewi Eskundari, Nur Rokhimah Hanik

Abstract


Singkong merupakan salah satu alternatif makanan pokok dan mudah diperbanyak menggunakan stek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik berupa air rendaman cangkang telur, air rendaman teh, dan air rendaman kulit bawang merah, terhadap pertumbuhan stek singkong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter panjang dan jumlah daun menunjukkan perbedaan yang signifikan di antara perlakukan yang diberikan, yaitu panjang daun tertinggi didapat dengan mengaplikasikan air rendaman cangkang telur, sedangkan parameter jumlah daun tertinggi diperoleh dengan mengaplikasikan air rendaman ampas teh. Parameter panjang akar dan panjang tunas tidak menunjukkan hasil yang signifikan, tetapi perlakuan air rendaman teh memberikan hasil terbaik dalam menginduksi panjang tunas tertinggi. Dengan didapatkannya hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah bagi petani singkong pada khususnya sehingga diharapkan dapat menambah kuantitas panen singkong per musim tanam. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v6i2.3298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â