PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE

Sucizah Nur Rohmah

Abstract


Pembelajaran sistem pencernaan manusia merupakan pembelajaran yang bersifat abstrak karena siswa tidak mampu melihat secara langsung proses pencernaan dari makanan masuk hingga keluar menjadi sisa-sisa makanan. pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di kelas semua guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup interaktif akan tetapi ada beberapa guru yang masih menyampaikan materi pelajaran secara pasif dengan metode ceramah dan ada beberapa yang menggunakan aplikasi youtube. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan aplikasi youtube sistem pencernaan manusia aplikasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan danpembelajaran melalui media aplikasi materi sistem pencernaan manusia .. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi youtube lebih mudah dipahami pada pembelajaran sistem pencernaan manusia. Karena sebagian besar siswa mencapai indikator ketuntasan klasikal sebesar 96,87%. Keaktifan siswa menunjukan hasil 83,71% sangat baik ketika mengisi kolom komentar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi youtube efektif digunakan dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia. Saran dari penelitian ini hendaknya guru lebih mengembangan media yang lebih interaktif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA Terpadu karena siswa lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pembelajaran ketika guru menggunakan media.

Full Text:

PDF

References


Defrizal Hamka, Noverta Effendi.

Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis youtube Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA Journal of Natural Science and Integration p-ISSN:2620-4967|e-ISSN: 2620-5092 Vol. 2, No. 1, April 2019, Hal. 19 –33

Djamarah Syaiful Bahri. 2002.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Edi. (2010). Membangun

Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Alfabeta

Erwin Komara Mindarta*, Moch.

Harly, Sumarli, Paryono. The Quality Of Asynchronous Online Learning On Edmodo-Besed Engine Electricity System Course During Covid-19 Pendemic. Journal Of Educational Innovation. E-ISSN: 2549-8673, p-ISSN : 2302 –884X. Universitas Negeri Malang, IndonesiaKamarga,




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v6i1.2651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


       

Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097
Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418,
Jawa Barat, Indonesia
Telp/WA : 0813 2016 1985
email : bioeducatio.unma@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Â